3 Tahun Lagi, Avanza Cs Bekas Bakal Susah Didapat lho..

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
28 January 2022 21:10
Penjualan Mobil Bekasi di WTC Mangga Dua (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemburu mobil bekas saat ini masih mudah untuk mendapatkan unit mobil karena stok cukup melimpah. Namun, beberapa tahun mendatang diperkirakan pemburu mobil bekas bakal lebih sulit mendapatkan unitnya karena stok yang terbatas.

ReviewPasar Mobil Bekas 2021 dan Outlook2022OLX Autos menunjukkan, stok mobil bekas bakal terbatas, artinya stok Toyota Avanza, Toyota Innova, Honda Brio, Honda Jazz hingga Honda Brio sebagai mobil bekas paling banyak dicari sepanjang tahun lalu bakal lebih sedikit.

"Diprediksi akan terjadi penurunan pasokan pada tahun 2025 seiring produksi yang lebih rendah pada tahun 2020," tulis OLX Autos dalam risetnya.


Berdasar survei tersebut, sepanjang 2017-2019 produksi mobil baru lebih tinggi dibandingkan pasokan mobil bekas. Namun di tahun 2020 hingga 2024 justru sebaliknya, di mana produksi mobil baru menurun akibat pandemi Covid-19, sementara stok mobil bekas kian bertambah.

Sementara pada 2025 produksi mobil diperkirakan bakal lebih rendah dibanding stok yang ada.

"Pasokan mobil bekas mengandalkan ketersediaan mobil yang berusia 5-6 tahun," tulis OLX Autos.

Sedikitnya stok karena banyak konsumen yang enggan menjual mobilnya ke pasar mobil bekas. Berbagai hal menjadi alasan, yang terbesar yakni 54% karena khawatir tidak mendapatkan harga yang adil, kemudian 34% menghabiskan banyak waktu dengan bertemu calon pembeli.

"10% kesulitan mendapatkan akses pembiayaan, serta 7% memastikan bahwa saya bisa mendapatkan uang terlebih dahulu," tulis OLX Autos.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Mobil Avanza Bekas Kini di Bawah Rp 100 Juta!


(fys/wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading