Raup Rp60 T Jawa Barat Masih Jadi Tujuan Investasi Terbesar

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
27 January 2022 15:50
Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia Saat Konferensi Pers Realisasi Investasi Triwulan IV 2021. (Tangkapan Layar Youtube BKPM TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - Daerah Jawa Barat masih menjadi tujuan investasi terbesar sepanjang 2021, bersaing ketat dengan DKI Jakarta.

Mengutip paparan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, realisasi investasi sepanjang 2021 mencapai Rp901 triliun melebihi angka yang ditargetkan. Porsi penanaman modal asing (PMA) sebesar 50,4% lebih besar dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) yang sekitar 49%.

Adapun realisasi penanaman modal di luar Jawa masih lebih besar sebesar RP468,2 triliun atau dengan porsi 52%, dibandingkan dengan di Jawa senilai Rp432 triliun (48%).


Aktivitas Car Terminal di Pelabuhan Internasional Patimban, Subang, Jawa Barat, Jumat (17/12/2021). Pelabuhan Patimban memiliki lokasi strategis di antara Bandara Kertajati dan kawasan industri di Bekasi, Karawang, dan Purwakarta. Pelabuhan Patimban akan menjadi kunci penghubung antar kawasan dan menopang percepatan ekspor. Percepatan pembangunan Pelabuhan Patimban diharapkan mendorong perdagangan dan pertumbuhan ekonomi di wilayah Jawa Barat. Pelabuhan ini diharapkan mendukung perekonomian regional dan nasional.. (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)Foto: Aktivitas Car Terminal di Pelabuhan Internasional Patimban, Subang, Jawa Barat, Jumat (17/12/2021). (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)
Aktivitas Car Terminal di Pelabuhan Internasional Patimban, Subang, Jawa Barat, Jumat (17/12/2021). Pelabuhan Patimban memiliki lokasi strategis di antara Bandara Kertajati dan kawasan industri di Bekasi, Karawang, dan Purwakarta. Pelabuhan Patimban akan menjadi kunci penghubung antar kawasan dan menopang percepatan ekspor. Percepatan pembangunan Pelabuhan Patimban diharapkan mendorong perdagangan dan pertumbuhan ekonomi di wilayah Jawa Barat. Pelabuhan ini diharapkan mendukung perekonomian regional dan nasional.. (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Secara rinci 5 besar daerah yang menjadi tujuan investasi terbesar antara lain:

1. Jawa Barat Rp59,9 triliun

2. DKI Jakarta Rp 54,7 triliun

3. Jawa Timur Rp52,5 triliun

4. Jawa Tengah Rp31,3 triliun

5. Kalimantan Timur Rp30,2 triliun.

Bahlil menjelaskan, realisasi investasi terbesar sejak kuartal-III tahun 2020 dipimpin luar pulau Jawa. Hal ini dikarenakan dampak dari pembangunan infrastruktur yang masif sejak periode Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla.

"Syarat investasi memang fasilitas harus menunjang," jelasnya.

Dia juga mendapat mandat dari presiden agar pemerataan investasi terjadi sehingga tidak terpusat di pulau Jawa.

Sementara khusus pada kuartal keempat tahun 2021, wilayah DKI Jakarta menduduki posisi pertama realisasi investasi terbesar.

Berikut rinciannya :

1. DKI Jakarta Rp20,4 triliun

2. Jawa Timur Rp16,1 triliun

3. Jawa Barat Rp14,6 triliun

4. Kalimantan Timur Rp12,9 triliun

5. Jawa Tengah Rp7,4 triliun.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bahlil Soal EoDB Bank Dunia 2020 Belum Keluar: Bukan Salah RI


(dce/dce)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading