PLN Batubara Bakal Dibubarkan, Faisal Basri: Tak Tepat!

News - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
26 January 2022 20:15
PLN Kantor Pusat. (Dok: PLN)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah dalam hal ini Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mewacanakan akan membubarkan anak usaha PT PLN (Persero) yak i PT PLN Batubara. Sebenarnya ada dua opsi yang diwacanakan yakni memasukan PLN Batubara ke dalam sub holding atau menghentikan perusahaan secara permanen.

Atas wacana itu, Ekonom Senior Faisal Basri menilai tidak tepat. Ia bilang, bahwa PLN Batubara selaku trader bertugas untuk menentukan jenis batu bara yang akan digunakan oleh PLN. Artinya, menentukan jenis batu bara yang akan digunakan bukan bagian dari tugas PLN, melainkan tugas PLNBB selaku trader.

"Kalau tidak salah ada 200 (jenis) batu bara yang cocok untuk PLN. Tapi PLN butuh cuma 100. Oleh karena itu, PLN butuh trader. Fungsi trader ada di mana-mana," tegas Faisal dalam Diskusi Media Krisis Batu Bara Dalam Negeri, Rabu (26/1/2022).


Menurut dia, tak hanya bagi PLN, banyak perusahaan minyak dan gas memerlukan trader. Hal ini karena trader bertugas mencari batu bara dan menjual ke perusahaan-perusahaan yang memerlukan bahan bakar tersebut. Jadi, kata dia, PLNBB bukan hanya menjual ke PLN, tetapi dapat juga menjual ke luar negeri.

"Jadi, mohon jangan lagi dibawa, di mana setiap perusahaan batu bara itu deal dengan direksi PLN. Jadi trading ini profesional. PLN Batubara dijadikan trading," ungkap dia.

Sebelumnya, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyebutkan saat ini perusahaan tengah dalam proses pemberhentian operasional anak usahanya PLNBB. Penutupan anak usaha ini diharapkan akan dapat mensentralisasi pasokan baru bara untuk seluruh pembangkit listrik milik PLN.

"PLN dalam proses menghentikan operasional PLN Batubara. langkah yang dilakukan audit komprehensif, mengalihkan kontrak batu bara PLN Batubara jadi tersentralisasi di PLN," kata dia.

Dia menjelaskan, proses penutupan anak usahanya ini nantinya akan dilakukan sesuai dengan UU Perseroan Terbatas yang berlaku. Proses penutupan ini sudah dimulai dengan mengalihkan kontrak-kontrak baru bara dari PLNBB ini menjadi terpusat di PLN.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

PLN Batubara Dinilai Tak Jalankan Fungsi, Layak Dibubarkan?


(pgr/pgr)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading