CNBC Insight

Cerita Turki Ganti Nama Negara Gegara Turkey (Ayam Kalkun)

News - Petrik M, CNBC Indonesia
25 January 2022 15:25
Cover Insight, Kalkun

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, dalam pidatonya di awal bulan, mengatakan rencananya Turki hendak mengganti nama resmi negaranya. Turki akan diganti dengan Turkiye, yang akan diterima publik internasional.

"Dalam rangka memperkuat nama Turkiye, dalam segala jenis kegiatan dan surat menyurat, terutama dalam hubungan resmi dengan negara lain dan lembaga dan organisasi internasional, istilah Turkiye akan digunakan sebagai pengganti istilah seperti 'Turki', 'Turkei', 'Turquie' dan seterusnya," kata Erdogan pekan lalu.


Ini bukan wacana baru di Turki. Erdogan berpandangan bahwa nama 'Turkey' dalam Bahasa Inggris diartikan kalkun, sejenis ayam besar asal Amerika yang jadi santapan penduduk Paman Sam dalam hari raya Thanksgiving.

Kalkun, seperti disebut Andrew Smith dalam "The Turkey: An American Story (2006:13)" adalah hewan yang mudah ditangkap. Meski kadang dengan jebakan oleh orang Amerika Asli dan orang Eropa yang datang ke benua itu sebagai kolonis.

Kalkun, menurut Mark Forsyth dalam "The Turkey's Turkey Connection di The New York Times (2013-11-27)", lebih Amerika ketimbang pai apel. Anehnya dinamai di Amerika dengan nama sebuah negara yang 4.429 mil jauhnya.

Lalu mengapa kesamaan terjadi? Percaya atau tidak, kesamaan itu, bukan sebuah kebetulan.

Orang-orang Inggris pada abad XIX adalah "biang kerok" mengapa ayam kalkun disebut turkey. Orang-orang Inggris penyantap unggas ini, tidak tahu jika kalkun yang mereka santap itu berasal Madagaskar, di lepas pantai tenggara Afrika.

"Yang orang Inggris tahu hanyalah bahwa itu lezat, dan diimpor ke Eropa oleh para pedagang dari Turki," tulis Mark Forsyth. "Tak lama kemudian, burung itu baru saja dipanggil Turkey."

Berhubung Inggris lalu menjadi bahasa internasional yang dipakai di banyak negara, sebutan ini sampai mengglobal. Istilah Turkey untuk kalkun itu tentu merugikan bangsa dan negara Erdogan karena terlihat disamakan dengan unggas yang jadi makanan orang Amerika ketika Thanksgiving.

Jika bahasa Prancis yang digunakan penduduk global, mungkin ayam kalkun disebut d'Inde. Penyebutan d'Inde juga karena penduduk negeri Eifell kala itu karena mengira kalkun berasal dari India. 

Mungkin, kalau bahasa Indonesia yang mendunia, ayam kalkun bisa disebut "Ayam Belanda". Karena orang Belanda dianggap bawaan dari orang Belanda oleh orang bumiputra Indonesia.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Dinyatakan Persona Non Grata Turki Usir 10 Dubes Asing


(pmt)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading