Alert! Omicron Bisa Bikin Fasilitas Kesehatan RI Kolaps?

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
24 January 2022 11:39
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan Memberikan Keterangan Pers Menteri terkait Hasil Rapat Terbatas “Evaluasi PPKM

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan bahwa risiko perawatan dan tingkat kematian akibat varian Covid-19 Omicron masih cukup rendah.

Hal tersebut dikemukakan Jenderal TNI (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan dalam keterangan pers usai rapat terbatas evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) secara virtual, Senin (24/1/2022).

"Data dari berbagai negara, Omicron ini memberikan risiko perawatan dan tingkat kematian yang rendah," kata Luhut.


Meski demikian, Luhut menegaskan bahwa kecepatan varian ini dalam menginfeksi masyarakat ikut mendorong kenaikan kasus Covid-19 yang dalam beberapa hari terakhir terus meningkat.

"Kecepatan varian ini menginfeksi memuat kasus harian meningkat tajam dan berpotensi meningkatkan perawatan rumah sakit dalam waktu dekat," tegas Luhut.

Luhut mengakui hal ini akan memberikan ancaman untuk sistem fasilitas kesehatan di rumah sakit. Luhut menegaskan bahwa kunci dalam menghadapi varian Omicron adalah disiplin protokol kesehatan.

"Kuncinya disiplin kita tanpa disiplin kita jadi korban," tegasnya


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Alert! Luhut: Puncak Kasus Covid Omicron di RI Awal Februari


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading