Fakta-fakta Bandara Halim Tutup Mulai 26 Januari

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
24 January 2022 09:25
Bandara Halim Perdanakusuma (detikFoto/Rachman Haryanto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bandara Halim Perdana Kusuma ditutup sementara mulai 26 Januari 2022. Penutupan ini dilakukan untuk kegiatan revitalisasi bandara untuk memperbaiki fasilitas sisi darat maupun udara.

Hal ini juga sudah tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2022 tentang Revitalisasi Fasilitas Pangkalan Tentara Nasional Indonesia/Bandara Halim Perdanakusuma.

Selama kegiatan revitalisasi operasional bandara dihentikan sementara dan tidak ada penerbangan dari dan ke Halim.


Berikut beberapa fakta yang wajib diketahui terkait penutupan Bandara Halim. Mulai lama penutupan hingga perpindahan jadwal pesawat komersial.

Ditutup Sementara

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan rencana revitalisasi ini sudah dibahas dari beberapa bulan lalu dimana kegiatan akan dimulai pada 26 Januari 2022.

"Waktu penutupan diperkirakan paling lama 3,5 bulan," katanya dalam keterangan, Jumat (21/1/2022).

Kemenhub juga meminta operator bandara dan maskapai menyiapkan langkah penanganan penumpang. Seperti pembatalan penerbangan, refund tiket, pengalihan rute, dan lainnya. Adita mengimbau masyarakat yang sudah membeli tiket dari keberangkatan Bandara Halim untuk menghubungi pihak maskapai untuk proses penanganan.

Lokasi Pemindahan Penerbangan Berjadwal

Untuk penerbangan berjadwal atau niaga dari Halim selanjutnya operasional akan direlokasi ke bandara lain, seperti Bandara Soekarno Hatta, Bandara Husein Sastranegara, Bandara Kertajati, Bandara Budiarto, Juga Soekarno Hatta.

Sementara beberapa satuan udara akan beroperasi dari Husein Sastranegara seperti Skuadron 2 untuk pesawat CN 295, Skadud 31 pesawat C130 Hercules, skadron teknik 021 untuk kegiatan pemeliharaan. Sementara skadron udara (skadud) 17 yang mengoperasikan Boeing B-737 beroperasi dari Soekarno Hatta.

Presiden Direktur Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin mengatakan 21 operator penerbangan yang menggunakan bandara halim ini akan dipindahkan ke bandara penerima.

Nantinya maskapai niaga tidak berjadwal akan dipindah ke Bandara Soekarno Hatta, Pondok Cabe, dan Budiarto.

Penerbangan Citilink dan Batik Air pada 25 Januari 2022 masih dilakukan di Bandara Halim Perdanakusuma, namun untuk kedatangan sejumlah tujuan dialihkan ke Bandara Soekarno Hatta.

Pekerjaan Pembangunan

Adapun pekerjaan yang akan dilakukan yaitu pembangunan di sisi udara maupun sisi darat, yakni meliputi penyehatan landas pacu (runway) dan landas hubung (taxiway), peningkatan kapasitas landas parkir (apron) pesawat udara Naratama dan Naratama,
renovasi gedung Naratama dan Naratama, renovasi bangunan operasi.

Lalu perbaikan sistem drainase di dalam bandar udara dan penataan fasilitas lainnya. Seperti yang diketahui beberapa kali Bandara ini mengalami banjir yang mengganggu operasi penerbangan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bandara Halim Ditutup, Penerbangan Pindah ke Pondok Cabe


(dce/dce)
Terpopuler
    spinner loading
Baca Juga
Features
    spinner loading