Bandara Halim Ditutup Gegara Dipugar, Ternyata Ini Alasannya

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
08 November 2021 13:35
Banjir Bandara Halim

Jakarta, CNBC Indonesia - Bandara Halim Perdanakusuma akan dipugar oleh Kementerian Perhubungan, sehingga bakal ditutup untuk sementara dalam waktu dekat. Maskapai sudah bersiap-siap untuk melakukan pemindahan operasi. Alasan pemugaran ini karena untuk persiapan G20.

Salah satu perusahaan charter pesawat, Direktur PT Indojet Sarana Aviasi, Stefanus Gandi, menjelaskan dari wacana revitalisasi bandara sudah hampir rampung. Jadi opsi pengalihan dari Halim ke Soekarno Hatta (Cengkareng), Hasanuddin (Bandung), dan Kertajati (Majalengka).

"Sepertinya semua yang dari Halim itu ke Cengkareng semua," kata Stefanus kepada CNBC Indonesia, Senin (8/11/2021).


Ia belum bisa mengonfirmasi kapan waktu pasti bandara ini akan ditutup. Hal ini karena surat resmi penutupan bandara dari stakeholder baik Kementerian Perhubungan, Angkasa Pura II, maupun TNI Angkatan Laut belum juga keluar.

"Jadi infonya masih simpang siur. Ada yang bilang segera tutup, bahkan dibilang bulan ini. Tapi suratnya belum ada. Acuannya itu kesana, kalau dari info berseliweran itu segera bulan ini," katanya.

Stefanus menjelaskan dari informasi yang diterima, diprediksi pengerjaan perbaikan runway, rekonstruksi desain, dan sistem drainase ini memakan waktu 5 - 7 bulan. Adapun salah satu alasan perbaikan bandara ini karena untuk menerima tamu kenegaraan dari negara G20.

"Iya dari infonya juga untuk penyelenggaraan G20," ucapnya.

Dampaknya dari pemindahan operasional bandara ini tidak besar terhadap permintaan jet pribadi, karena hanya pemindahan operasi menjadi di Soekarno Hatta, Cengkareng.

Stefanus juga bercerita permintaan Jet Pribadi pada bulan ini cukup baik. Dimana terjadi peningkatan pemesanan hingga 13 penerbangan di bulan ini.

"Kami biasanya sebulan itu 8 penerbangan. Tapi di Oktober naik jadi 10 penerbangan, November ini ada 13 penerbangan itu dari booking yang masuk dua bulan terakhir," katanya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Detik-Detik Jelang Bandara Pondok Cabe Gantikan Bandara Halim


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading