Internasional

Penelitian Terbaru, Ini Efek Vaksin ke-4 Covid ke Manula

News - Thea Arbar, CNBC Indonesia
24 January 2022 08:54
Presiden RI Joko Widodo Menjalani Vaksinasi Covid-19 Dosis ke-2, 27 Januari 2021 (Tangkapan Layar Youtube BPMI Setpres 2021)

Jakarta, CNBC Indonesia - Israel mengumumkan hasil penelitiannya soal dosis ke-4 vaksin Covid-19. Booster ke-2 ini disebut memiliki efek sangat positif bagi kelompok usia di atas 60 tahun.

Mereka diyakini tiga kali lebih kuat melawan penyakit serius. Terutama jika dibandingkan dengan kelompok usia sama yang hanya menerima tiga suntikkan vaksin.


"Dosis ke-4 vaksin Covid-19 yang diberikan kepada orang berusia di atas 60 tahun di Israel membuat mereka tiga kali lebih tahan terhadap penyakit serius daripada tiga kali vaksinasi pada kelompok usia yang sama," kata Kementerian Kesehatan Israel, dikutip Reuters, Minggu (23/1/2022).

Penelitian ini dilakukan beberapa universitas besar di Israel dan pusat medis Sheba. Studi melibatkan 400.000 orang di atas 60 tahun yang menerima booster ke-2 dengan 600.000 orang dalam kelompok usia yang diberi suntikan ke-3 lebih dari empat bulan lalu.

Meski meningkatkan antibodi, suntikan keempat tetap tidak bisa sepenuhnya menangkis varian Omicron yang sangat menular. Ini terungkap dalam penelitian awal pusat medis Sheba yang dirilis terlebih dahulu Senin lalu.

Israel sendiri adalah negara dengan vaksinasi Covid-19 tertinggi dunia. Israel mulai menawarkan dosis ke-4 awal Januari ini.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Secara Total Indonesia Sudah Kedatangan 220 Juta Dosis Vaksin


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading