Internasional

Jokowi Bakal Bertemu PM Singapura di Bintan, Bahas Apa?

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
21 January 2022 10:55
Presiden Indonesia Joko Widodo (kanan) mendampingi Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong (kiri) berjabat tangan dalam sesi foto kepada wartawan sebelum mengadakan pertemuan bilateral di sela Pertemuan Tahunan IMF - World Bank Group 2018 di Nusa Dua, Bali, Kamis (11/10). ICom/Veri Sanovri

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan bertemu tatap muka dengan Perdana Menteri (PM) Singapura, Lee Hsien Loong, pada 25 Januari 2022 mendatang. Retret kedua pemimpin itu rencananya akan diadakan di Bintan, Kepulauan Riau.

Dalam keterangan pers, Direktur Asia Tenggara Kemenlu RI, Mirza Nurhidayat, menyebut bahwa pertemuan keduanya sebenarnya telah direncakanan sejak 2020. Hal ini terhambat akibat pandemi Covid-19 yang melanda kedua negara.


"Akan diselenggarakan pertemuan antara Presiden RI dan PM Singapura dalam gelaran Leaders Retreat. Pertemuan ini merupakan modalitas kerjasama antara kedua negara dimana pada pertemuan itu tentunya akan dibicarakan mengenai peningkatan kerjasama bilateral antara kedua negara," ujarnya dalam konferensi pers, dikutip Jumat (21/1/2022).

Hal yang sama juga dikonfirmasi oleh Juru Bicara PM Singapura, Chang Ci Lin. Ia mengatakan bahwa kedua pemimpin akan mencari secara bersama bidang-bidang yang perlu mengalami pendalaman kerjasama agar hubungan kedua negara semakin kuat.

"Para pemimpin melihat kemajuan yang dicapai dalam kerja sama bilateral serta mencari jalan untuk lebih memperdalam keterlibatan di bidang-bidang utama yang menjadi kepentingan bersama," kata Chang, dikutip dari The Straits Times.

Sebelumnya pertemuan tatap muka langsung antara Jokowi dan Lee Hsien Loong terjadi pada tahun 2019. Dalam pertemuan itu, keduanya membahas isu-isu ekonomi mengingat Singapura merupakan investor terbesar di Indonesia dengan nilai investasi mencapai sekitar US$ 9,8 miliar.

Selain ekonomi, pada pertemuan 2019 lalu, keduanya juga membahas bidang-bidang lainnya seperti manajemen lalu lintas udara dan perkuatan kerjasama militer.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Siap-siap! Ada Kabel Bawah Laut Singapura-Australia Lewati RI


(tps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading