Zona Bebas Covid-19 RI Makin Banyak, Sayang Tak Ada DKI!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
19 January 2022 13:43
Peta Zonasi Beresiko. (Dok: Tangkapan layar)

Jakarta, CNBC Indonesia - Perkembangan kasus Covid-19, utamanya yang berasal dari varian Omicron terus bertambah. Namun, jumlah wilayah yang 'terbebas' dari Covid-19.

Berdasarkan data yang dipublikasikan melalui laman covid19.go.id, seperti dikutip CNBC Indonesia, Rabu (19/1/2022), zona hijau alias zona bebas Covid-19 di Indonesia bertambah menjadi 130 kabupaten/kota.

Zona yang tidak memiliki kasus sendiri merupakan wilayah yang sebelumnya pernah terdapat kasus, namun tidak ada penambahan kasus baru dalam kurun waktu 8 minggu terakhir dengan angka kesembuhan di atas 95%.


Merujuk dari data yang dipublikasikan tersebut, mayoritas daerah yang terbebas dari belenggu corona memang masih berada di luar Jawa-Bali. Namun, kini ada kabupaten/kota Jawa-Bali yang masuk dalam zona hijau.

Mereka adalah Kota Blitar, Jawa Timur, Kota Salatiga, Jawa Tengah, Kota Banjar, Jawa Barat, dan terakhir Pangandaran, Jawa Barat. Tidak ada satupun wilayah DKI Jakarta yang masuk zona bebas Covid-19.

Sementara itu, sejalan dengan penambahan wilayah zona hijau, daerah dengan risiko rendah Covid-19 di Indonesia pun berkurang menjadi 381 kabupaten/kota.

Sebagai informasi, peta zonasi risiko daerah dihitung berdasarkan indikator kesehatan masyarakat dengan menggunakan skoring dan pembobotan. Hasil skoring dan pembobotan diperbaharui secara mingguan.

Berbagai indikator yang digunakan adalah epidemiologi, surveilans kesehatan masyarakat, dan pelayanan kesehatan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Berita Terbaru: Ini Wilayah Zona Merah Covid-19 di RI


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading