Internasional

Perang Dunia 3 di Depan Mata, Negara Ini 'Biang Keladinya'

News - sef, CNBC Indonesia
19 January 2022 12:30
Foto selebaran yang dirilis pada hari Rabu, 14 April 2021 oleh Layanan Pers Kementerian Pertahanan Rusia menunjukkan, Sebuah kapal angkatan laut Rusia terlihat selama latihan angkatan laut di Laut Hitam. Rusia bersikeras bahwa mereka memiliki hak untuk menutup wilayah Laut Hitam untuk kapal angkatan laut asing dan menolak kritik Ukraina dan Barat atas tindakan tersebut. (Russian Defense Ministry Press Service via AP)

Jakarta, CNBC Indonesia - Alarm perang kini tengah berbunyi. Masalahnya karena ketegangan antara Rusia dan Ukraina.

Militer Rusia disebut sedang bergerak dalam jumlah yang makin besar ke perbatasan Ukraina. Mengutip CNN International, sumber intelijen bahkan mengatakan Moskow sedang mencari cara menembakkan roketnya ke Kiev.




Mengutip BBC sudah ada 100.000 tentara Rusia bersiaga dan diyakini naik menjadi 175.000 hingga akhir Januari ini. Bukan hanya tentara, itu termasuk tank dan altileri.

Presiden Rusia Vladimir Putin sendiri kerap mengatakan lebih memilih solusi damai. Namun, dalam laporan terbaru, pembicaraan ternyata tak membuahkan hasil manis.

Rusia mengumumkan akan melakukan latihan militer dengan Rusia, sekutunya. Ini makin menambah kekhawatiran Barat yang mulai dekat dengan Ukraina, apalagi, Belarusia memang berbatasan dengan negara itu.

Mengutip AFP, Selasa (18/1/2022), pemerintahan Presiden AS Joe Biden melalui Sekretaris Pers Jen Psaki mengatakan yakin Rusia kini bisa kapan saja menyerang Ukraina. Ia bahkan menunjuk Putin telah menciptakan krisis.

"Tidak ada pilihan yang tidak mungkin ... situasi yang sangat berbahaya," tegasnya lagi seraya mengancam sanksi lebih besar daripada yang pernah dilihat Rusia sebelumnya.

NATO sendiri dikabarkan sudah mengirim pasukan Inggris ke Ukraina. Turki juga sudah memasok drone ke negara itu untuk melawan Moskow.

Lalu apa yang sebenarnya terjadi?

Halaman 2>>

Konflik Rusia dan Ukraina
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading