Internasional

Jangan Kaget! Cara Baru China Lawan Omicron, Bukan Lockdown

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
19 January 2022 11:05
Lonjakan kasus covid di China (REUTERS/ALY SONG)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah China menyarankan warganya untuk membuka paket yang datang dari luar negeri menggunakan sarung tangan dan masker. Hal ini diperintahkan setelah adanya penemuan kasus varian Omicron yang ditularkan dari sebuah dokumen.

Dalam sebuah siaran yang ditayangkan CCTV, otoritas Negeri Tirai Bambu menyebut bahwa dalam situasi seperti ini warga harus tetap waspada dengan paket yang datang dari luar negeri. Bila mampu, pemerintah meminta warga untuk mengurungkan niat membeli barang dari luar negeri.


"Pastikan untuk melindungi diri Anda selama serah terima tatap muka dan memakai masker dan sarung tangan. Cobalah untuk membuka paket di luar ruangan," kata penyiar CCTV sebagaimana dikutip Reuters, Rabu (19/1/2022).

Sebelumnya otoritas China menyebut varian baru Covid-19, Omicron, masuk ke negaranya melalui dokumen pos yang dikirimkan dari Kanada. Hal ini terlihat dari dua kasus di Beijing dan Shenzhen.

Di Beijing, tim mengaku menemukan spesimen virus di sebuah dokumen yang dikirim dari Toronto, Kanada, pada 7 Januari lalu. Paket itu disebutkan sempat melakukan transit melalui Amerika Serikat (AS) dan Hong Kong.

"Dikombinasikan dengan studi epidemiologi, hasil pengujian sampel yang mencurigakan dan hasil pengurutan gen dari kasus tersebut, kemungkinan kasus Beijing terinfeksi oleh virus melalui surat internasional tidak dapat dikesampingkan," ujar Wakil Direktur Pusat Beijing untuk Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, Pang Xinghuo, Selasa (18/1/2022).

Untuk kasus di Shenzhen, tidak dirinci bentuk paket yang disebut-sebut ditempeli Omicron. Namun pejabat setempat mengatakan paket itu juga tiba dari Amerika Utara.

Akibat potensi penularan ini, Administrasi pos China berjanji untuk memperketat proses pelacakannya untuk membendung potensi Covid-19 dari paket asal luar negeri. Hal ini dilakukan juga setelah ahli virologi mengkonfirmasi peluang masuknya virus itu dari barang-barang dan paket yang masuk dari luar negeri.

China sendiri sebelumnya pernah melaporkan beberapa wabah terkait dengan barang impor. Dengan kemampuan Covid-19 yang mampu bertahan di beberapa paket bersuhu rendah, Beijing selalu menghimbau masyarakatnya untuk mengurangi pembelian komoditas dari luar negeri.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Duh! China Kebobolan Omicron, Setengah Juta Warga 'Dikunci'


(tps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading