Uji Coba 2022, Jokowi Feat Xi Jinping Jajal Kereta Cepat RI?

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
17 January 2022 17:43
Pertemuan Jokowi dan Xi Jinping di G20 (Biro Pers Kesekretariat Presiden/Laily Rachev)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap mega proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung sudah bisa beroperasi pada Juni 2023 mendatang, kendati saat ini masih mengalami kendala pembangunan terowongan.

Berbicara di sela peninjauan proyek tersebut, Jokowi mengatakan progres pembangunan proyek tersebut kini sudah mencapai 79,9%. Jika tak ada aral melintang, uji coba proyek tersebut akan dilakukan pada akhir tahun ini,

"Kemudian pada bulan Juni 2023 bisa kita operasionalkan," kata Jokowi, Senin (17/1/2022).


Proyek kereta cepat Jakarta - Bandung sendiri akan menjadi kebanggaan Indonesia saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) negara G20 nanti. Sebab, Indonesia akan menjadi tuan rumah dari pagelaran yang akan dihelat pada November 2022 di Bali.

Pada momen G20, dikabarkan ada agenda agar Jokowi dan Presiden China Xi Jinping meresmikan dan menjajal perdana kereta cepat dari sekian para pemimpin G20. PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menargetkan uji coba pada bulan November 2022 nanti.

"Hingga saat ini terkait peresmian dengan Presiden China Xi Jinping, kami belum mendapatkan informasi resmi, tapi jika memang diharapkan seperti itu, kita siap melakukan hal itu. Kita tinggal menunggu arahan dari pemerintah," jelas General Manager Corporate Secretary KCIC, Mirza Soraya, kepada CNBC Indonesia beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, Presiden China Xi Jinping juga telah melakukan komunikasi dengan Jokowi. Salah satu topik pembahasannya adalah proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung,

Presiden Jinping menekankan bahwa proyek yang telah mendapatkan suntikan negara itu dibangun dengan kualitas tinggi. Jokow bahkan sempat disebut menyinggung mengenai kemajuan proyek tersebut.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sempat Tekan Alibaba Cs, Ini Ramalan Suram Ekonomi China 2022


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading