Proyek Kereta Cepat Bermasalah, Jokowi Langsung Cek Lapangan!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
17 January 2022 14:15
Proyek Pembangunan Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung. (Dok: KCIC)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan meninjau proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang berada di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Senin (17/1/2022).

Mengutip keterangan resmi Sekretariat Presiden, Jokowi akan meninjau langsung terowongan 2 atau tunnel 2 proyek tersebut. Terowongan itu sebelumnya mengalami masalah karena dibangun di atas tanah lunak alias tanah lempung.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bahkan beberapa waktu lalu sempat meninjau langsung terowongan tersebut untuk memastikan progres pembangunan proyek tersebut tidak terganggu.


Adapun peninjauan ini juga dilakukan setelah sebelumnya tersiar kabar Presiden China XI Jinping melakukan komunikasi via telepon dengan Jokowi. Salah satu topik pembahasannya, salah satunya adalah terkait proyek KCJB.

Presiden Jinping menekankan bahwa proyek yang telah mendapatkan suntikan negara itu dibangun dengan kualitas tinggi. Jokow bahkan sempat disebut menyinggung mengenai kemajuan proyek tersebut.

Sebagai informasi, proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung disebut kembali bermasalah. Awal pekan ini, proyek sepur cepat itu dikabarkan melewati kondisi tanah lempung yang sangat gembur sehingga gampang runtuh atau berpotensi menimbulkan pergerakan.

Hambatan ini terjadi pada lokasi pembangunan di terowongan (tunnel) 2, berada pada Desa Mekargalih, Jatiluhur, Purwakarta. Tunnel itu memiliki panjang 1.052 meter, saat ini progresnya sudah mencapai 67%, atau masih ada 350 meter lagi yang belum selesai.

PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) mendatangkan ahli dari China untuk membantu menyelesaikan masalah ini. Menurut manajemen KCIC, tenaga ahli dibutuhkan untuk transfer ilmu pengetahuan dalam bidang konstruksi terowongan.

Dalam keterangan resmi, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan juga melakukan kunjungan melihat kondisi konstruksi pengerjaan terowongan itu di Purwakarta. Dia melihat sendiri kondisi pertanahan terowongan ini memang labil.

"Tunnel 2 ini memang memiliki tantangan tersendiri, dari awal sudah kita ketahui jika strukturnya labil, namun kondisi sekarang sudah lebih baik dan bisa ditangani," jelasnya dalam keterangannya beberapa waktu lalu.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jokowi Tunjuk Luhut Jadi Bos Komite Kereta Cepat JKT-BDG


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading