Ini Bayangan Ibu Kota Baru RI di Benak Jokowi, Keren!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
17 January 2022 11:10
ibu kota baru (PUPR)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk kesekian kalinya angkat bicara mengenai rencana pemindahan ibu kota baru ke Kalimantan Timur.

Rencana pemindahan Ibu Kota baru memang semakin terang. Setelah payung hukum pemindahan akan disahkan dalam waktu dekat, bentuk ibu kota baru pun beberapa kali kerap ditampilkan.

"Ibu Kota baru ini adalah bagian dari transformasi besar-besaran yang ingin kita lakukan," tegas Jokowi saat memberikan pidato dalam Dies Natalis ke 67 Universitas Katolik, Senin (17/1/2022).


Jokowi mengemukakan pembangunan ibu kota baru bukan semata-mata memindahkan kantor fisik pemerintah. Jokowi mengungkap tujuan utama pembangunan bu kota baru.

ibu kota baru (PUPR)Foto: ibu kota baru (PUPR)
ibu kota baru (PUPR)

"Tujuan utama adalah membangun kota baru yang smart, kompetitif di tingkat global, membangun sebuah lokomotif transformasi negara kita Indonesia, menuju inovasi teknologi berbasis green ekonomi," katanya.

"Secara fisik, ini harus menjadi momentum membangun sebuah kota yang sehat, kota yang efisien, produktif, yang dirancang sejak awal, dan warganya ke mana-mana dekat, warganya bisa naik sepeda, ke mana-mana bisa jalan," tegasnya.

Jokowi memastikan sistem keamanan dan kesehatan di ibu kota baru akan dibangun dengan kelas dunia. "Bayangan kita seperti itu," kata eks Gubernur DKI Jakarta itu.

"Kita ingin bangun sebuah new smart metropolis dan saya mengharapkan keluarga besar Unpar dan perguruan tinggi untuk memberikan kontribusi dalam transformasi Indonesia ini," tegasnya


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Tempat Ibadah Jadi Bangunan Pertama di Ibu Kota Baru RI?


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading