Ada Bansos Rp 600 Ribu Untuk PKL Hingga Nelayan, Siap Cair!

News - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
17 January 2022 10:15
Infografis/Jangan khawatir, Ini Deretan bansos yang tetap cair di 2022/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan akan memperluas program bantuan tunai yang dikhususkan kepada pedagang kaki lima (PKL), pemilik warung, dan nelayan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengemukakan pemerintah telah menyiapkan alokasi anggaran sebesar Rp 451 triliun untuk program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) pada tahun ini.

"Presiden menyetujui frontloading bansos, perluasan program bantuan tunai untuk pedagang kaki lima, warung dan nelayan," kata Airlangga dalam konferensi pers, dikutip Senin (17/1/2022).


Adapun penerima bansos ditargetkan diberikan kepada 2,76 juta orang, dengan nominal masing-masing Rp 600 ribu per penerima, baik itu PKL, pemilik warung, atau nelayan.

Sebanyak 2,76 juta itu terdiri dari 1 juta PKL dan pemilik warung, serta 1,76 juta orang nelayan. "Ini akan segera dilaksanakan dan bapak presiden setuju bahwa untuk perlindungan sosial akan dilakukan frontloading di kuartal pertama," katanya,.

Selain bantuan kepada PKL, pemilik warung dan nelayan, pemerintah juga akan tetap mencairkan bansos bagi sejumlah kelompok masyarakat. Mulai dari PKH, BLT desa, hingga kartu sembako.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jokowi Bagi-bagi Bansos Lagi Akhir Tahun, Jangan Kelewat!


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading