Dibuka Buat 2,9 Juta Orang, Begini Cara Daftar Kartu Prakerja

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
13 January 2022 12:25
Infografis/ Mantap! Alumni Prakerja Dapat Bantuan Lagi dari Pemerintah/ Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah kembali melanjutkan berbagai program bantuan kepada masyarakat di tahun ini. Salah satunya Program kartu Prakerja.

Dimana, sepanjang tahun lalu program ini disambut antusias oleh seluruh masyarakat terutama yang kehilangan pekerjaan dan ingin meningkatkan kemampuan (skill) nya.


Untuk tahun 2022 ini, program kartu prakerja akan masuk dalam anggaran perlindungan masyarakat dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

"Semoga program Kartu Prakerja ini dapat memberi manfaat hingga ke depannya," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam keterangan resmi, Kamis (13/1/2022).

Adapun sasaran pekerja di tahun ini sebanyak 2,9 juta orang. Untuk anggarannya belum disampaikan secara detail oleh pemerintah.

Sementara itu, pada tahun lalu program kartu prakerja hingga 28 Desember 2021 sudah dinikmati oleh 5,96 juta peserta dengan anggaran Rp 18,13 triliun. Artinya masih ada sisi anggaran dari yang disiapkan tahun lalu mencapai Rp 20 triliun.

Program kartu prakerja tahun lalu juga dibarengi dengan bantuan subsidi upah (BSU) bagi pekerja dengan gaji di bawah Rp 5 juta. Namun, untuk tahun ini belum ada hilal apakah subsidi upah akan tetap diberikan.

Berikut cara mendaftar kartu prakerja:

1. Masuk ke www.prakerja.go.id

2. Pilih menu Daftar Sekarang

3. Masukkan nama lengkap, alamat email, dan password

4. Cek email untuk konfirmasi akun

5. Setelah konfirmasi akun berhasil, kembali ke laman www.prakerja.go.id

6. Peserta yang sudah terverifikasi, bisa Login dan klik gabung.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Gaes, Begini Cara Cek Lolos Atau Tidak Seleksi Prakerja


(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading