Pembunuh Pajero Muncul, Toyota Buka Suara Strategi Penjualan

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
14 January 2022 20:05
Toyota Land Cruiser 300 Series (Dok. Toyota)

Jakarta, CNBC Indonesia - Toyota resmi merilis dua mobil SUV baru di Indonesia, yakni All New Land Cruiser dan New Fortuner. Nama kedua merupakan pesaing keras Mitsubishi Pajero di kelas SUV ladder frame.

Untuk seri terbaru ini, Toyota menambah kelas baru di New Fortuner, yakni dengan kapasitas mesin "raksasa" 2.800 cc dari sebelumnya hanya dua mesin yakni 2.400cc dan 2.700cc. Namun, Toyota belum bisa memastikan apakah varian baru ini bakal membuat penjualan Fortuner bakal melesat signifikan.

"Fortuner karena market lebih besar dan hadirnya Fortuner 2.8 apa ada kenaikan produksi? Belum tentu. Karena 2.8 masuk sebagai varian baru di dalam yang sudah ada, yang 2.4 nggak hilang," kata Head of Media Relations Toyota Astra Motor (TAM) Dimas Aska kepada CNBC Indonesia, Jumat (14/7/22).


Lebih lanjut Dimas menjelaskan bahwa kenaikan penjualan bukan hanya dipengaruhi oleh hadirnya varian baru, melainkan banyak faktor. Salah satu yang utama adalah daya beli masyarakat.

Hal itu juga berlaku untuk mobil dengan banderol Rp2,3 miliaran yakni Land Cruiser. Namun mobil di segmen ini tidak begitu terpengaruh oleh pandemi. Toyota pun memiliki target khusus untuk mobil SUV premium ini.

"Land Cruiser kalau bisa di level yang sama untuk bulan pertama suplai 20-30 unit. Walau akan naik turun seiring berjalannya waktu karena faktornya ga cuma kita. Misal waktu dan kebutuhan negara lain juga," sebut Dimas.

"Setahun bisa 300 unit dibanding 2020 yang 200-an unit, lebih tinggi. Tapi apa angka itu maksimal apa kurang? Kita agak susah menerka karena kita juga recovery, apa market bisa tumbuh lagi? Kita coba mantain dulu," lanjutnya.


[Gambas:Video CNBC]

(dce/dce)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading