Toyota New Fortuner vs Pajero Sport, Siapa yang Lebih Unggul?

News - redaksi, CNBC Indonesia
14 January 2022 06:45
All New Land Cruiser dan New Fortune PT Toyota-Astra Motor (TAM) Foto: All New Land Cruiser dan New Fortune PT Toyota-Astra Motor (TAM)

Jakarta, CNBC Indonesia - Toyota Astra Motor (TAM) mengenalkan dua mobil SUVbaru yakni All New Land Cruiser dan New Toyota Fortuner. Pada nama kedua, Toyota memperbarui dengan kapasitas mesin"raksasa" yakni 2.800 cc dari sebelumnya hanya dua mesin yakni 2.400cc dan 2.700cc.

New Toyota Fortuner digadang-gadang jadi pesaing berat Mitsubishi Pajero di kelas Ladder Frame SUV.

Presiden Direktur Toyota Astra MotorSusumu Matsuda mengatakan, dalam satu dekade terakhir, SUV mulai populer di pasar global dan Indonesia. Bahkan, untuk total penjualan Toyota Astra Motor, kontribusi SUV melonjak signifikan di tahun 2021.


Lalu apa saja perbedaannya New Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero ini? Dan mana yang lebih unggul?

All New Land Cruiser dan New Fortune PT Toyota-Astra Motor (TAM)Foto: All New Land Cruiser dan New Fortune PT Toyota-Astra Motor (TAM)
All New Land Cruiser dan New Fortune PT Toyota-Astra Motor (TAM)

"Perbedaan dari mesin New Fortuner, yakni 2GD berkapasitas 2.400cc, dan 1GD 2.800cc dengan tenaga yang lebih besar," ujar Direktur Pemasaran TAM, Anton Jimmi Suwandy saat peluncuran virtual, Kamis (13/1/22).

TAM pun mengungkapkan alasan penambahan kapasitas mesin. Yakni karena masih ada pelanggan yang mengharapkan bahwa Fortuner dapat diberikan kepercayaan untuk menggunakan mesin dengan tenaga dan torsi yang lebih besar untuk meningkatkan unsur fun to drive.

"Sejak awal, Fortuner kami kembangkan sebagai 7-seater SUV yang tangguh dan dapat diandalkan. Dibekali dengan DNA ini, Fortuner dapat mendukung segala bentuk aktivitas pelanggan di berbagai kondisi jalanan di Indonesia yang beragam. Kini kami hadirkan pilihan mesin diesel baru, yaitu 1GD yang menawarkan tenaga dan torsi yang lebih besar," kata Anton.

Kehadiran mesin baru ini diharapkan dapat memberikan pilihan lebih lengkap. Dan memenuhi ekspektasi pelanggan yang memprioritaskan aspek performa dari Fortuner.

"Kami juga perluas varian GR Sport pada New Fortuner ke tipe 4x4 untuk melengkapi performa yang kini menjadi terdepan di kelasnya," kata Anton.

Sementara, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) meluncurkan Mitsubishi New Pajero Sport untuk pasar Indonesia. Mobil ini sudah hadir di Thailand sejak 2019 . Namun, nantinya New Pajero Sport di Indonesia akan ada perbedaan.

"Secara umum spesifikasi New Pajero Sport sama dengan spesifikasi di global dan Thailand. Tapi tetap ada perbedaan detil fitur untuk sesuaikan preferensi dan kebutuhan pasar Indonesia," Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI Irwan Kuncoro dalam virtual press conference New Pajero Sport Selasa (16/2/21).

Misal dengan pengaplikasian sunroof, ada di varian Dakar Ultimate 4x4 dan Dakar 4x2.

Dakar Ultimate 4x4 merupakan tipe New Pajero Sport paling tinggi dibanding mobil lainnya. Harganya memiliki banderol Rp 733,7 jutaan the road Jabodetabek. Sementara Dakar 4x2 AT harga Rp 575,7 juta. Adanya sunroof memberikan nilai tambah

Sementara All New Toyota Fortuner dibanderol di atas Rp500 juta per unit. Dimana jantung pacu dari mesin diesel terbaru dibekali Variable Nozzle Turbo atau VNT, sehingga bisa menghasilkan 201 daya kuda dan torsi 500 Newton meter. Khusus mobil dengan kapasitas mesin ini tersedia dua tipe penggerak yakni dua dan empat roda. Mesin ini berpadu dengan transmisi otomatik 6 percepatan.

Mesin baru ini tersedia untuk varian Toyota Fortuner VRZ A/T, serta GR Sport yang merupakan versi sporty dan dihadirkan dengan label Gazoo Racing.

Mobil dengan mesin sangar ini pun dibanderol Rp521,6 juta untuk 2.4 G 4x2 (M/T), Rp570 juta untuk 2.4 VRZ 4x2 (A/T), dan Rp684,5,5 juta untuk 2.8 VRZ 4x4 (A/T) GR Sport.


[Gambas:Video CNBC]

(dce/dce)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading