Wah! Pemerintah Sajikan Ibu Kota Baru Dalam Bentuk Metaverse

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
13 January 2022 17:52
Desain Eksterior Kantor Presiden di Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur  (Tangkapan Layar Instagram @nyoman_nuarta)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kepopuleran Metaverse di dunia ternyata menarik perhatian pemerintah Indonesia. Ini tercermin dari rencana untuk membuat contoh Ibu Kota Negara (IKN) dalam bentuk Metaverse.

Hal ini diungkapkan oleh Menteri PPN/ Kepala Bappenas Suharso Monoarfa saat rapat kerja dengan Pansus IKN di Gedung DPR RI. Namun, masih harus menunggu beberapa waktu untuk bisa melihat IKN dalam bentuk Metaverse.


"Kami juga sedang siapkan ibu kota negara itu dalam bentuk metaverse. Mudah-mudahan dalam 4 bulan ini kami di Bappenas bisa tunjukkan ibu kota negara itu kalau jadi itu seperti ini," ujarnya, Kamis (13/1/2022).

Metarverse adalah bagian dari kecanggihan teknologi yang hadir di masa pandemi Covid-19. Ini adalah dunia virtual yang terlihat nyata. Hal ini lah yang mendorong pemerintah untuk menujukkan bentuk IKN lebih jelas ke masyarakat.

"Jadi tidak lagi dalam bentuk maket atau hologram, tapi dia sudah reaktif gitu," jelasnya.

Menurutnya, IKN dalam bantuk Metaverse ini sedang disusun oleh tim Bappenas beserta kerjasama dengan ahli teknologi. Sehingga dalam beberapa bulan ke depan sudah bisa dilihat hasilnya.

"Ini dikerjasamakan dan mudah-mudahan 4 bulan bisa kita lihat. Demikian majunya teknologi dan ini akan diletakkan di Perpres," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

RUU IKN: Ibu Kota RI Dipindah ke Kalimantan Semester I-2024!


(mij/mij)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading