Wow, Elon Musk Minta Titik Landasan Roket di Ibu Kota Baru RI

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
13 January 2022 16:48
Desain Istana Kepresidenan di Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur  (Tangkapan Layar Instagram @nyoman_nuarta)(Tangkapan Layar Instagram @nyoman_nuarta)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengungkapkan permintaan khusus dari Space Exploration Technologies Corporation (SpaceX), perusahaan yang didirikan oleh Elon Musk.

Hal ini disampaikan Suharso dalam rapat kerja dengan Pansus Rancangan Undang-undang (RUU) Ibu Kota Negara (IKN) di Gedung DPR, Kamis (13/1/2022)


Menurut Suharso perkembangan teknologi tidak dapat dipisahkan dari masterplan pembangunan ibu kota baru. Sehingga berbagai kemungkinan bisa dimasukkan ke dalam perencanaan.

"Sebagai contoh mungkin ketua pansus sudah datang ke Space X di LA, di sana mereka minta Indonesia salah satu titiknya mereka itu di IKN, selain Biak, untuk tempat peluncuran pesawat terbang dengan kecepatan luar biasa," ujarnya.

Menurut Suharso, hal tersebut sangat positif bagi Indonesia. Sebab Indonesia mendapatkan akses transportasi khusus menuju Amerika Serikat (AS).

"Jadi dari indonesia ke as cuma 1,5 atau 2 jam. mudah mudahan tidak mampir ke kutub utara," terangnya.

"Karena itu dianggap sangat mungkin, dan dari situ akan muncul bandara yang bawanya ke Singapura negara Asia lainnya Australia dan sebagainya.. Kekayaan khatulistiwa salah satunya adalah untuk peluncuran itu," papar Suharso.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading