Skandal BLBI

Besok Dilelang, Begini Cara Dapatkan Eks Aset Tommy Soeharto!

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
11 January 2022 13:15
Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto membangun lapangan golf di atas lahan seluas 120 Hektar di kawasan Sentul, Babakanmadang, Kabupaten Bogor. (M. Sholihin/detikcom)

Jakarta, CNBC Indonesia - Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan akan melelang aset milik Hutomo Mandala Putra atau dikenal Tommy Soeharto pada Rabu, 12 Januari 2022. Aset tersebut merupakan jaminan yang disita pemerintah terkait utang BLBI.

Proses lelang dilakukan oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta V dengan batas akhir penawaran pada pukul 12.00 WIB di hari yang sama.


Jenis penawaran lelang aset ini dilakukan secara tertutup melalui internet (closed bidding) oleh Pejabat Lelang Kelas I pada KPKNL Purwakarta. Sehingga untuk mendapatkan aset Tommy Soeharto yang dilelang ini maka hanya bisa dilakukan melalui https://www.lelang.go.id.

Setelah melakukan penawaran secara tertulis melalui https://www.lelang.go.id, maka setiap peserta lelang wajib menyetor uang jaminan ke rekening virtual account dengan ketentuan jumlah yang disetorkan harus sama dengan uang jaminan yang disyaratkan dalam pengumuman.

Adapun uang jaminan yang ditetapkan oleh DJKN adalah sebesar Rp 1 triliun. Dimana ini harus sudah dibayarkan dan diterima oleh KPKNL Purwakarta selambat-lambatnya satu hari sebelum pelaksanaan lelang.

Setelah itu, maka pengumuman pemenang lelang akan dilakukan melalui email masing-masing peserta. Peserta pemenang lelang wajib melunasi pokok lelang ditambah bea lelang 2% paling lambat lima hari kerja setelah pelaksanaan lelang.

Jika pemenang lelang tidak melunasi hingga batas waktu maka dinyatakan wanprestasi dan uang jaminan tidak akan dikembalikan. Uang jaminan akan dimasukkan seluruhnya ke kas negara.

Website DJKN Lelang Aset Tommy Soeharto (Tangkapan layar)Foto: Website DJKN Lelang Aset Tommy Soeharto (Tangkapan layar)
Website DJKN Lelang Aset Tommy Soeharto (Tangkapan layar)

Berikut daftar aset milik Tommy Soeharto yang akan dilelang:

Pertama, tanah seluas 530.125,526 m2 terletak di Desa Kamojing, Kabupaten Karawang sebagaimana SHGB Nomor 4/Kamojing atas nama PT KIA Timor Motors.

Kedua, tanah seluas 98.896,700 m2 terletak di Desa Kalihurip, Kabupaten Karawang sebagaimana SHGB Nomor 22/Kalihurip atas nama PT KIA Timor Motors.

Ketiga, tanah seluas 100.985,15 m2 terletak di Desa Cikampek Pusaka, Kabupaten Karawang sebagaimana SHGB Nomor 5/ Cikampek Pusaka atas nama PT KIA Timor Motors.

Keempat, tanah seluas 518.870 m2 terletak di Desa Kamojing, Kabupaten Karawang sebagaimana SHGB Nomor 3/ Kamojing atas nama PT Timor Industri Komponen.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Tommy Soeharto 3 Kali tak Datang Ditagih Utang BLBI Rp 2,6 T


(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading