PLTU Teluk Sirih Terbakar, Listrik di Sumbar Dipastikan Aman

News - Cantika Adinda, CNBC Indonesia
09 January 2022 09:30
PLTU Tanjung Jati B yang merupakan salah satu pembangkit yang paling diandalkan oleh PLN untuk memenuhi kebutuhan listrik sistem interkoneksi Jawa-Bali.

PLTU Tanjung Jati B memegang peran sentral dalam sistem interkoneksi Jawa-Bali


Hingga triwulan III 2019, PLTU dengan kapasitas 4 x 710 MW ini memiliki kesiapan produksi listrik (Equivalent Availability Factor – EAF) hingga 93,6% selama setahun.

Sejak pertama kali beroperasi pada tahun 2006 PLTU Tanjung Jati B menjadi tulang punggung kelistrikan Jawa-Bali. 

PLTU Tanjung Jati B berkontribusi 12% atau  setara dengan kebutuhan listrik sekitar 5 juta pelanggan rumah tangga

Keberadaan pembangkit ini diharapkan tidak hanya bermanfaat bagi  kontinyuitas suplai listrik, namun juga turut membantu pemerintah dalam penghematan APBN.


Secara produksi listrik PLTU Tanjung Jati B mampu berkontribusi sebesar 12% atau setara denagan kebutuhan listrik sekitar 5 juta pelanggan rumah tangga.  (CNBC Indonesia/Peti)

Jakarta, CNBC Indonesia - Terjadi kebakaran di area belt conveyor di PLTU Teluk Sirih di Kota Padang pada Sabtu (8/1/2022). PT PLN (Persero) menyebut kebakaran telah berhasil dipadamkan dan pasokan listrik masyarakat di wilayah Sumatera Barat dipastikan aman.

Manager PLN UPK Teluk Sirih, Fery Setiawan Effendi mengungkapkan kebakaran sudah berhasil dipadamkan dalam empat jam dengan mobil pemadam kebakaran milik PLN UPK Teluk Sirih dan proteksi Hydrant yang berfungsi dengan baik.

"Sabtu, 8 Januari 2022 pukul 05.06 WIB terjadi kebakaran di area Belt Conveyor (BC 7 & BC 8) PLTU Teluk Sirih. Kebakaran berlangsung sekitar empat jam dan dapat dipadamkan pada pukul 09.15 WIB," jelas Fery dalam keterangan resminya, dikutip Minggu (9/1/2022).


Ferry menegaskan bahwa kebakaran ini tidak berdampak pada suplai energi listrik ke masyarakat di Wilayah Sumatera Barat.

Sebagai gambaran, PLTU Teluk Sirih berlokasi di kelurahan Teluk Kabung Tengah Bungus, Kota Padang. PLTU Teluk Sirih membantu sistem kelistrikan Sumatera Barat dengan daya 200 MW.

"PLN tetap berkomitmen menyediakan kelistrikan di Kota Padang yang andal serta aman meski adanya peristiwa kebakaran di tengah pandemi ini," jelas Djoko Mulyono selaku General Manager PLN UIKSBS.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

PLTU di 35 GW Masuk, Pasokan Listrik RI Makin Berlimpah!


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading