Gibran Mulai Bangun Rel Layang Kereta Solo Balapan-Kalioso

News - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
08 January 2022 15:25
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming (Tangkapan Layar Youtube)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meresmikan dimulainya pembangunan jalur ganda kereta api Solo Balapan-Kalioso yang berlokasi di Simpang Joglo, Surakarta, Jawa Tengah pada hari ini, Sabtu (08/01/2022).

Pelaksanaan kegiatan dimulai setelah dilakukannya penertiban lahan di sekitar area jalan kereta api pada 2021 lalu dan pada 2022 akan dilaksanakan pembebasan sesuai dengan kebutuhan lahan yang diperlukan.

Budi Karya mengatakan, Surakarta merupakan wilayah aglomerasi, sehingga pembangunan satu titik akan menghubungkan beberapa kota yang ada di Jawa Tengah.


"Oleh karenanya, kita lakukan ini dan sejalan dengan ini kita juga membuat pembangunan jalur ganda. Jangan dipikir bahwa kereta api bisa menjadi 6 jam, 5 jam, ke Jakarta. Effort-nya luar biasa. Karena kita membangun relnya menjadi ganda, sehingga menjadi safety dan lebih cepat karena enggak ada risiko crash," tutur Budi dalam sambutannya, Sabtu (08/01/2022).

Ground Breaking Jalur Ganda KA Solo Balapan-Kalioso. (Tangkapan Layar Youtube)Foto: Ground Breaking Jalur Ganda KA Solo Balapan-Kalioso. (Tangkapan Layar Youtube)
Ground Breaking Jalur Ganda KA Solo Balapan-Kalioso. (Tangkapan Layar Youtube)

Ia mengungkapkan, manfaat dibangunnya jalur ganda yang direncanakan didesain elevated (melayang) di kawasan Simpang Joglo itu untuk mengurangi kemacetan dan risiko banjir di wilayah tersebut. Ia juga berharap pembangunan jalur ganda juga dapat memajukan perekonomian di wilayah tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengatakan bahwa Pemerintah Kota Surakarta telah melaksanakan sosialisasi dan koordinasi dengan masyarakat sekitar, termasuk mempertimbangkan dampak yang timbul akibat pembangunan tersebut,

"Ini diharapkan nantinya untuk mengurai kemacetan, serta akan menambah pergerakan kegiatan ekonomi, terutama di Solo wilayah utara. Selain itu, ini akan menjadi solusi permasalahan banjir dengan dibangunnya saluran drainase yang akan mengalirkan air menuju Kalianyar," jelasnya.

Selain itu, beberapa manfaat lain yang didapatkan adalah meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api maupun pengguna jalan raya, meningkatkan frekuensi perjalanan kereta api, mendukung pengembangan transportasi serta integrasi antar moda angkutan di kota Surakarta, dan sebagai landmark kota Surakarta.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Siap-siap! Proyek Ambon New Port Rp5 T Dimulai Akhir 2022


(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading