Hitam Masih Jadi Warna Mobil yang Dominasi Pasar di 2022

News - dce, CNBC Indonesia
07 January 2022 19:00
Bursa Mobil Blok M Mall, Jakarta Selatan, Senin (20/12/2021). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Tren warna mobil tahun 2022 diprediksi masih akan didominasi warna hitam. Berdasarkan Otobarometer Indonesia Oktober 2021, terdapat warna mobil yang paling diminati adalah hitam, putih, dan silver.

Tren ini diprediksi masih akan berlanjut hingga tahun 2022.



Masih mengutip Otobarometer Indonesia Oktober 2021, tiga tipe body mobil paling diminati adalah sedan, minibus, dan SUV. Juga untuk pasar mobil bekas.

CEO OLX Group Indonesia Johnny Widodo mengatakan, di tahun 2021, Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Brio, Honda CRV, Toyota Fortuner, Honda Jazz, dan Suzuki Ertiga adalah merek mobil paling banyak dicari untuk segmen mobil bekas.

"Tipe tersebut tidak jauh berbeda dengan sebelum pandemi, konsumen masih mencari tipe SUV, Sedan, Minibus, dan MPV. Tahun 2022, masih tidak akan jauh berbeda dengan tahun 2021," kata Johnny kepada CNBC Indonesia dalam jawaban tertulis, 5 Januari 2022.

Johnny menambahkan, berdasarkan Otobarometer OLX Autos 2021, mobil bekas tipe sedan, SUV, minibus paling banyak dicari konsumen di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Makassar, dan Bali.


Pekerja merapihkan mobil eks-taksi yang akan dijual di showroom mobil Bluebird di kawasan Warung Buncit, Jakarta Selatan, Kamis (9/12/2021).  Mobil bekas armada taksi merupakan alternatif menarik bagi Anda yang berminat untuk mendapatkan kendaraan dengan harga lebih terjangkau. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)Foto: Pekerja merapihkan mobil eks-taksi yang akan dijual di showroom mobil Bluebird di kawasan Warung Buncit, Jakarta Selatan, Kamis (9/12/2021). Mobil bekas armada taksi merupakan alternatif menarik bagi Anda yang berminat untuk mendapatkan kendaraan dengan harga lebih terjangkau. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto).



"Kemudian konsumen di area Yogyakarta, Solo, dan Semarang, selain sedan, SUV, dan minibus, tipe MPV juga menjadi tren," kata Johnny.

Sementara itu, hasil survei OLX menunjukkan, pertimbangan konsumen membeli mobil bekas adalah mendapatkan mobil dengan kondisi baik dan berkualitas dengan bujet yang tersedia. Meski, imbuh dia, saat ini banyak tersedia mobil bekas dengan kondisi sangat bagus, bahkan seperti mobil baru.

"Hasil riset "Used Car Industry Behavior Shift" yang kami lakukan menunjukkan, pertimbangan utama konsumen adalah budget, brand, dan model mobil. Di mana 70% pembeli sudah menetapkan budget dan terbuka membeli merek apa pun yang sesuai budget," kata Johnny.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Mobil Bekas Diobral Akhir Tahun, Ini yang Paling Laris!


(dce/dce)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading