Cek! Ini Tarif Tol Gedebage Tasikmalaya Calon Terpanjang RI

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
07 January 2022 12:55
Pengendara mobil melintas di sepanjang Tol MBZ, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (24/12/2021). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Ruas tol Gedebage - Tasikmalaya - Cilacap memiliki panjang mencapai 206,65 kilometer, merupakan salah satu calon tol terpanjang di Indonesia. Lantas berapa estimasi tarif untuk melewati tol ini?

Berdasarkan keputusan dari Surat Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No. PB.02.01-Mn/2170 per 10 Desember 2021, konsorsium yang dipimpin Jasa Marga memenangkan lelang tol ini.

Dari laman Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) ruas jalan tol ini butuh nilai investasi mencapai Rp 56,2 triliun dengan masa konsesi mencapai 40 tahun. Dimana tarif golongan I ditetapkan Rp 2.025 per kilometer.



Sehingga jika dihitung secara kasar, ongkos menggunakan tol ini mulai dari Gedebage sampai Cilacap juga sebaliknya mencapai Rp 418.466.

Untuk diketahui, pengusahaan jalan tol ini Jasa Marga bermitra dengan konsorsium beranggota, PT Jasa Marga (Persero) Tbk (32,5%), Kemitraan PT Daya Mulia Turangga - PT Gama Group - PT Jasa Sarana (27,5%), PT Waskita Karya (Persero) Tbk (20%), PT PP (Persero) Tbk (10%), dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (10%).

Mengawali Tahun 2022, Ditetapkan Pemenang Pelelangan Pengusahaan Jalan Tol Gedebage - Tasikmalaya - CilacapFoto: sumber BPJT
Mengawali Tahun 2022, Ditetapkan Pemenang Pelelangan Pengusahaan Jalan Tol Gedebage - Tasikmalaya - Cilacap



Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, setelah PPJT ditandatangani, Jasa Marga akan memiliki konsesi sepanjang total 1.809 km.

"Di luar penambahan konsesi ruas baru ini, Jasa Marga bersama konsorsium lainnya, saat ini juga turut berpartisipasi dalam pelelangan pengusahaan Jalan Tol Akses Patimban dan telah dinyatakan lulus dalam tahap prakualifikasi serta tengah bersiap untuk melanjutkan ke tahap penawaran," kata Heru, dalam keterangan dikutip, Jumat (7/1/2022).

Jasa Marga menargetkan untuk menambah perolehan ruas jalan tol baru yang memiliki kelayakan finansial menguntungkan, dengan tetap menjaga kondisi keuangan Perseroan, dalam rangka mendukung percepatan pembangunan infrastruktur Pemerintah dan berkontribusi dalam peningkatan ekonomi Indonesia.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ini Dia Rute Tol Gedebage-Cilacap, Calon Tol Terpanjang di RI


(dce/dce)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading