Santer Disebut Anak Buah Jokowi Jadi Calon Pengganti Anies?

News - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
06 January 2022 11:55
Heru Budi Hartono (Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Tak sampai satu tahun, masa jabatan Anies Rasyid Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta akan berakhir. Masa jabatan Anies sebagai orang nomor satu Ibu Kota akan habis pada 16 Oktober 2022.

Deretan nama kini besar kini digadang-gadang layak menjadi calon Gubernur DKI Jakarta. Tak terkecuali, Riza Patria yang saat ini menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Nantinya, pengganti Anies Baswedan memang akan diisi oleh pejabat yang diusulkan Kementerian Dalam Negeri kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), sebelum Pemilu.


Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono berharap, pejabat yang nantinya akan diusulkan menjadi pengganti Anies Baswedan adalah sosok yang menguasai persoalan Ibu Kota.

"Kalau kita berharap orang yang paham dengan persoalan Jakarta, kenapa? Supaya sisa waktu selama dia jadi pejabat itu dia mampu menyelesaikan sisa-sisa kerjaan Anies yang belum tereksekusi. Harapan kita itu saja," kata Gembong, dikutip Kamis (6/1/2022).

Gembong lantas menyinggung nama Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono. Heru bukanlah orang baru yang pernah menjabat di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Pada 2014 lalu, Heru Budi Hartono semapat menjabat sebagai Wali Kota Jakarta Utara. Satu tahun berselang, ia mengemban posisi Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) DKI Jakarta.

"Kalau secara pribadi, pak Heru baik. Penugasan persoalan Jakarta saya kira oke. Tapi apakah pilihan jatuh kepada Pak Heru? Kita enggak tahu," katanya.

Gembong menegaskan keputusan final calon pengganti Anies Baswedan berada di tangan Jokowi. Namun, ia berharap siapapun yang menjadi pejabat pengganti menguasai betul persoalan Jakarta.

"Kalau dia sudah tau persoalan Jakarta, mana prioritas yang harus dieksekusi, maka tidak perlu belajar dulu, penyesuaian dulu. Harapan kita seperti itu," jelasnya.

Sebagai informasi, selain Heru Budi Hartono, ada sejumlah nama yang juga santer dikaitkan akan menggantikan posisi Anies. Mulai dari Ahmad Riza Patria, Airin Rachmi Diany, Bahlil Lahaladia, hingga Ahmad Sahroni.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jokowi Hingga Anies Divonis Bersalah dalam Gugatan Polusi DKI


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading