Datangi Ibu Kota Baru, Sri Mulyani: Harga Tanah Segera Naik!

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
06 January 2022 12:25
Desain Istana Kepresidenan di Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur  (Tangkapan Layar Instagram @nyoman_nuarta)(Tangkapan Layar Instagram @nyoman_nuarta)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati baru saja melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Timur. Ini adalah provinsi tempat Ibu Kota Negara (IKN) baru nanti berada.

Dalam kunjungannya ini, Sri Mulyani menyampaikan kepada warga Kalimantan Timur bahwa dengan pemindahan IKN maka harga tanah akan segera naik. Sebab, makin banyak pembangunan yang dilakukan dan Kaltim akan menjadi provinsi yang makin berkembang.


"Bapak Ibu kalau punya tanah di sini harganya sebentar lagi naik semuanya," ujarnya saat meninjau Institut Teknologi Kalimantan (IKN) di Balikpapan, Kaltim yang dikutip secara virtual, Kamis (6/1/2022).

Lanjutnya, tak hanya harga tanah yang naik tapi juga biaya hidup di Kaltim layaknya provinsi berkembang lainnya. Apalagi ia akan menjadi pusat pemerintahan karena sebagai ibu kota negara.

"Bapak ibu sekalian harus siapkan persiapan matang. Hidup di sini akan segera berubah sekarang. Mulai direncanakan," jelasnya.

Menurutnya, saat ini pembangunan yang dilakukan di IKN akan makin banyak. Mulai dari jalan, jalan tol hingga infrastruktur pendukung lainnya.

Pembangunan dilakukan menggunakan berbagai instrumen salah satunya utang dengan menerbitkan SBSN. Meski dengan utang, tetapi Indonesia jadinya memiliki aset yang bisa digunakan hingga jangka waktu panjang.

"Misalnya di Ibu Kota Negara ini kita akan bangun jembatan, jalan, jalan tol itu semua akan jadi aset negara," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Naik Kapal, Sri Mulyani Ada di Titik 0 Ibu Kota Baru RI


(mij/mij)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading