Jokowi Ingatkan BUMN Tambang-Perkebunan Tak Jor-Joran Ekspor

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
03 January 2022 19:27
Pernyataan Presiden Joko Widodo terkait Pasokan Batu Bara, LNG, dan Harga Minyak Goreng (3/1/2022) (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Jokowi mengingatkan pelaku usaha swasta dan BUMN di bidang komoditas tak cuma fokus jor-joran ekspor. Pasokan dalam negeri harus tetap jadi prioritas.

"Saya perlu mengingatkan bahwa mewajibkan perusahaan swasta, BUMN beserta anak perusahaannya yang bergerak baik di bidang pertambangan, perkebunan maupun pengolahan sumber daya alam lainnya untuk menyediakan kebutuhan dalam negeri terlebih dahulu, sebelum melakukan ekspor," kata Jokowi dalam pernyataanya, Senin (3/1/2022).

Jokowi menegaskan bahwa pesannya adalah amanat dari pasal 33 ayat 3 UUD 1945 bahwa bumi, air dan kekayaan alam yang terkanudng di dalamnya dikuasi negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.


Jokowi memberikan pesan penting agar pasokan dari komoditas pangan dan tambang diprioritaskan dulu ke dalam negeri sebelum ekspor, antara lain batu bara, LNG, hingga minyak goreng.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Mantap Pak Jokowi! Ekspor Ukir Rekor Tertinggi Sepanjang Masa


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading