Ngeri Banget! Menperin Ungkap Ada Calo TKDN

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
29 December 2021 19:14
Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang (Tangkapan Layar Youtube Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Di tengah upaya pemerintah untuk menggenjot Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) minimal sebesar 40%, ternyata ada yang mengambil kesempatan dengan menjadi calo sertifikasi.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang pun sudah mengetahui keberadaan calo tersebut dalam sertifikasi TKDN.

"Saya juga mendengar laporan bahwa beredar calo-calo TKDN," katanya dalam Jumpa Pers Kinerja Sektor Industri 2021 & Outlook 2022, Rabu (29/12/21).


Ia geram dengan ulah para calo tersebut karena bakal membohongi kandungan lokal yang ada dari seharusnya. Ketika calo ini bekerja secara masif dan menjadi joki dari banyak pabrikan, maka target TKDN pemerintah bisa saja gagal.

"Ini sengaja saya angkat, bisa saya coret sebetulnya tapi saya angkat dalam jumpa pers dengan teman-teman wartawan agar para calo-calo itu stop lah untuk mencoba menjadi calo sertifikasi TKDN," ujar Agus.

Kehadiran calo itu bukan hanya meresahkan, namun juga membuat kandungan lokal yang tercantum tidak sebagaimana mestinya.

"Jadi calo itu menawarkan misalnya nilai TKDN dari sebuah produk 15%, mereka mengaku bisa mengatur nilai TKDN itu bisa 40%. Ini juga tolong dicetak besar-besar agar calo-calo tidak bermain di dalam program sertifikasi TKDN ini," sebut Agus.

Ke depan, calo-calo tersebut bakal coba dihilangkan. Sejalan dengan upaya itu, Kemenperin bakal tetap memberikan fasilitas sertifikasi TKDN setelah di tahun ini pun sudah ada hal serupa. Hingga pertengahan Desember, hampir 10.000 sertifikasi diberikan, Agus pun meminta Menkeu Sri Mulyani menganggarkan kembali di tahun depan.

"Fasilitasi TKDN ini akan kembali dianggarkan pada tahun 2022. Kami akan minta tambahan anggaran dari Kementerian Keuangan agar program sertifikasi TKDN ini bisa semakin banyak, semakin besar, dan semakin luas produk-produk hasil industri dalam negeri bisa tersertifikasi TKDN," sebutnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Menperin 'Pede' PDB Manufaktur Tembus 20% di 2024-2025


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading