Harapan Jokowi: Semoga Tak Ada Lagi Orang Berobat ke LN

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
27 December 2021 14:45
Jokowi (Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyaksikan peletakan batu pertama (groundbreaking) proyek Rumah Sakit Internasional Bali, Denpasar, Senin (27/12/2021).

Berbicara dalam sambutannya, Jokowi mengatakan rumah sakit ini nantinya akan bekerja sama dengan Mayo Clinic asal Amerika Serikat (AS).

Dengan begitu, kepala negara berharap warga negara Indonesia tak lagi berobat ke luar negeri.


"Kalau ini jadi, tidak ada lagi rakyat kita, masyarakat kita yang pergi ke luar negeri untuk mendapatkan pelayanan kesehatan," kata Jokowi

Jokowi mengemukakan hampir setia tahun ada kurang lebih 2 juta masyarakat yang pergi ke luar negeri untuk mendapatkan layanan kesehatan.

"Baik itu Singapura, baik itu Malaysia, baik itu ke Jepang, baik itu ke Amerika dan tempat-tempat lainnya. Dan kita kehilangan Rp 97 triliun," jelasnya.

Jokowi berharap rumah sakit internasional Bali nantinya tidak hanya dimanfaatkan oleh masyarakat setempat melainkan juga para masyarakat internasional.

"Kita harapkan tidak orang kita yang ke luar, tapi orang luar yang akan masuk ke Indonesia untuk mendapatkan pelayanan kesehatannya karena di sini ada kerja sama kita dengan Mayo Clinic yang sudah sangat terkenal,"

Jokowi mengatakan proyek ini diharapkan rampung pada 2023 mendatang. Jokowi menginginkan pembangunan proyek ini menjadi awal kebangkitan transformasi sektor kesehatan di Indonesia.

"Tidak hanya rumah sakit tetapi juga obat, bahan baku obat, jangan sampai kita mengimpor lagi. Alat-alat kesehatan, obat-obatan, bahan baku obat, kita harus berhenti untuk mengimpor barang-barang itu lagi." jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jokowi Groundbreaking Proyek RS Internasional Bali


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading