Harta Melimpah, Raffi Ahmad Masuk Daftar Orang Terkaya di RI?

News - Lalu Rahardian, CNBC Indonesia
25 December 2021 16:15
Raffi Ahmad saat disuntik vaksin Covid-19 perdana di Istana Negara, Rabu (13/1/2021). (Dok: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Nama pesohor Raffi Ahmad tidak masuk daftar 50 orang terkaya di Indonesia per 2021, versi catatan Forbes. Padahal, Raffi memiliki berbagai sumber pendapatan utama dari statusnya sebagai selebritas.

Raffi merupakan salah satu pesohor yang populer di Indonesia. Ketenarannya terbukti dari jumlah pengikut Instagram yang mencapai lebih dari 57 juta, serta pelanggan di kanal YouTube-nya mencapai 22,6 juta akun.

Selain aktif di Instagram dan YouTube, Raffi juga memiliki kesibukan mengisi berbagai acara televisi, duta merek, hingga iklan dan endorsement. Salah satu kanal YouTube kelolaan Raffi yang banyak diikuti masyarakat adalah RANS Entertainment.


Pendapatan Raffi Ahmad

Meski baru bergabung di YouTube per 27 Desember 2015, kanal RANS Entertainment sudah diikuti 22,5 juta pelanggan. Konten mereka telah ditonton lebih dari 4,94 miliar kali.

Banyaknya jumlah tayangan dan pengikut itu berdampak pada pendapatan Raffi dari YouTube, karena selipan iklan otomatis dilekatkan apabila konten sesuai dengan aturan yang disyaratkan. Selain itu, Raffi juga dapat memperoleh pemasukan lain dari konten sponsor dengan merek atau perusahaan tertentu secara langsung di luar iklan.

Perusahaan yang melacak statistik dan analitik media sosial, Social Blade, memperkirakan pendapatan tahunan RANS dari iklan berada di kisaran US$ 577,8 ribu hingga US$ 9,72 juta atau setara dengan Rp 8,29 miliar hingga Rp 132,02 miliar. Sebagai informasi, Social Blade menggunakan asumsi bahwa pendapatan per seribu tayangan (cost per thousand views/CPM) berada di angka US$ 0,25 - US$ 4.

Keaktifan Raffi di dunia hiburan juga terlihat dari seringnya dia tampil sebagai bintang tamu atau pembawa acara. Dalam wawancara dengan Roben Onsu di acara Podcast miliknya, Ruben menyebut pendapatan Raffi dari satu episode acara televisi mencapai Rp 150 juta. Akan tetapi, Raffi menyangkal perhitungan tersebut.

Dari Instagram, salah satu website id.noxinfluencer.com memperkirakan pendapatan Raffi dari akun pribadinya yang memiliki engagement atau tingkat keterlibatan 0,3% mencapai Rp 100 juta untuk setiap postingan.

Raffi juga memiliki aset-aset lain di luar dunia hiburan. Saat ini, suami Nagita Slavina itu tercatat memiliki klub sepakbola bernama RANS Cilegon FC. Sebelumnya, klub tersebut bernama Cilegon United FC.

Perusahaan Raffi, RANS Entertainment, juga dikabarkan akan mendapat kucuran investasi dari perusahaan induk Grup Emtek, PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (EMTK).

Dalam rilis di keterbukaan informasi (12/11), Corporate Secretary Emtek menyebutkan investasi yang direncanakan bernilai sekitar Rp 248 miliar dan akan dilakukan bertahap untuk kepemilikan saham berkisar 17% pada RANS Entertainment. Dengan angka tersebut, valuasi RANS diperkirakan mencapai Rp 1,45 triliun.

Absen di Daftar Orang Terkaya

Meski memiliki pendapatan dalam jumlah besar, Raffi tetap belum masuk daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes. Daftar orang terkaya di Indonesia masih didominasi para pemain lama.

Berdasarkan catatan Forbes, gabungan kekayaan 50 orang terkaya di Indonesia meningkat 22% menjadi US$ 162 miliar dari tahun lalu US$ 133 miliar.

Peningkatan ini terjadi di tengah upaya pemulihan ekonomi yang sempat ambruk karena pandemi Covid-19. Meningkatnya jumlah kekayaan tersebut salah satunya ditopang pertumbuhan ekonomi yang diprediksi naik 4% setelah kontraksi pada 2021, serta meroketnya harga beberapa komoditas unggulan domestik sepanjang 2022.

Ada nyaris setengah dari daftar 40 orang terkaya pada 2006 yang namanya kembali muncul, termasuk mereka yang sudah meninggal dunia dan bisnisnya dilanjutkan oleh anak dan keluarga.

Hartono bersaudara masih memimpin daftar orang terkaya, dengan kenaikan nominal tertinggi tahun ini mencapai US$ 3,8 miliar. Pada posisi buncit daftar itu, ada nama Kartini Muljadi selaku pemilik perusahaan farmasi Tempo Scan Pacific (TPSC) dengan kekayaan bersih diperkirakan sebesar US$ 695 juta atau setara dengan Rp 9,97 triliun dengan asumsi kurs Rp 14.350/US$.

Ketiadaan Raffi di daftar tersebut menandakan bahwa kekayaan pesohor itu belum mencapai Rp9,97 triliun. Akan tetapi, perhitungan kekayaan Raffi tidak bisa diukur secara rinci karena ia tak memiliki perusahaan publik dengan besaran kepemilikan signifikan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jeff Bezos Jadi Orang yang Paling Kaya di AS


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading