Sri Mulyani: Saat Covid, Negara Dipimpin Perempuan Lebih Baik

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
22 December 2021 17:15
INFOGRAFIS, Lebih Ngeri dari Covid, Bumi Mendekati Titik Krisi Iklim

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan bahwa perempuan memiliki kekuatan yang bahkan melebihi seorang lelaki. Beberapa penelitian juga menunjukkan hal tersebut.

Ia menyebutkan salah satunya yang berasal dari Universitas Liverpool. Hasil risetnya menunjukkan bahwa negara yang berada dibawah kepemimpinan seorang wanita lebih tangguh, bahkan saat menghadapi Covid-19 dibandingkan dengan yang negaranya dipimpin oleh lelaki.


"Selama Covid-19 banyak riset yang dilakukan misalnya dari Universitas Liverpool yang menunjukkan negara yang dipimpin perempuan menunjukkan kondisi yang lebih baik pada masa pandemi ini," ujarnya dalam webinar virtual, Rabu (22/12/2021).

Namun, secara nasional tetap saja ketimpangan antara perempuan dan lelaki sangat lebar jaraknya. Sebab, banyak yang masih menganggap lelaki lebih bisa diandalkan dibandingkan perempuan.

Hal ini dinilai perlu sangat diwaspadai dan diubah cara pikirnya. Apalagi di masa pandemi Covid-19 ini peran wanita sangat dibutuhkan terutama saat masih kerja dari rumah.

Peran wanita di masa pandemi dinilai sangat menentukan dalam mengatur rumah tangga. Jika wanita dalam mengurus rumah tangga kesulitan maka semua urusan rumah akan ikut berantakan.

"Jadi perlu memperhatikan peran perempuan dalam konteks dampak terhadap Covid-19 yang tentu akan menentukan kualitas kebijakan yang jauh lebih komprehensif dan punya afirmasi sehingga dampak atau hasil kebijakannya menjadi lebih baik," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Situasi Bumi Makin Gawat, Sri Mulyani Tagih Janji Negara Maju


(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading