Kenang Jokowi & Bos FB Main Pingpong Sambil Obrolin Metaverse

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
22 December 2021 11:54
Peresmian Pembukaan Muktamar ke-34 NU, Lampung Tengah, 22 Desember 2021. (Tangkapan layar Youtube Setpres RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Facebook, platform media sosial terkenal di jagad maya telah melakukan rebranding dan merangkul ide futuristik dengan mengangkat istilah metaverse.

Metaverse sendiri adalah komunitas virtual tanpa batasan yang saling terhubung satu sama lain. Dalam metaverse, orang-orang dapat bekerja, bertemu, bermain dengan menggunakan headset realitas virtual, kacamata augmented reality, aplikasi smartphone, atau perangkat lainnya.

Konsep metaverse pun mendapatkan perhatian langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi lantas kembali mengungkap pertemuannya dengan CEO Facebook Mark Zuckerberg 5 tahun lalu.


Dalam pertemuan itu, Zuckerberg memperkenalkan konsep Metaverse kepada Jokowi. Mereka berdua bermain pimpong hanya dengan menggunakan kacamata oculus.

"5 tahun lalu saya ingat betul ketemu dengan pemilik Facebook Mark Zuckerberg. Main pingpong tapi tidak ada bola pingpong bersama-sama 100%. Tak tok tak tok, keringetan juga," kata Jokowi saat meresmikan pembukaan Muktamar ke 34 Nahdlatul Ulama di Lampung Tengah, Rabu (22/12/2021).

metaverseFoto: Decentraland
metaverse

"Dia membisikan ke saya, Presiden Jokowi ini baru awal. Nanti akan muncul yang namanya Metaverse, restoran wisata, mal virtual," kenang Jokowi.

Jokowi mengingatkan bahwa teknologi setiap tahunnya semakin berkembang. Munculnya metaverse, sambung dia, tentu akan mengubah kehidupan manusia di masa depan.

"Nanti semua dakwah virtual, pengajian virtual betul-betul kita bertemu seperti ini bukan hanya seperti sekarang yang masih vicon. Metaverse akan mengubah. Saya tidak tahu apakah karena pandemi dipercepat 5 atau 10 tahun, tapi pasti datang. Oleh karena itu kita harus siap," tegasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Segera Hadir! Ibu Kota Nusantara Dalam Bentuk Metaverse


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading