Internasional

Terungkap, Alasan Malaysia Airlines MH17 Ditembak Rudal

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
22 December 2021 15:05
Bangkai Pesawat MH17 setelah dirakit ulang. (AP/Peter Dejong)

Jakarta, CNBC Indonesia - Jaksa pengadilan Belanda mengatakan Senin (20/12/2021) bahwa insiden jatuhnya Malaysia Airlines MH17 yang ditembak rudal pada 2014 lalu di Ukraina adalah bentuk "kepentingan militer". Hal ini disampaikan langsung dalam pengadilan untuk mengadili empat tersangka yang diduga berperan besar.

Mengutip AFP, jaksa menyebut bahwa empat tersangka yakni  Igor Girkin, Sergei Dubinsky, Oleg Pulatov, dan Leonid Kharchenko menembak rudal BUK surface-to-air untuk menyerang pesawat perang Ukraina. Niat ini menurut jaksa tidak mengubah tuduhan tindak pidana.


"Kesalahan target juga tidak ada bedanya dengan bukti bahwa kejahatan semacam itu telah dilakukan. Para tersangka menggunakan rudal BUK sebagai alat untuk melayani kepentingan militer mereka sendiri dan memukul MH17 dengan itu",kata jaksa penuntut umum, Thijs Berger kepada hakim, dikutip Rabu (22/12/2021).

Penyelidik internasional mengatakan rudal BUK awalnya dibawa dari pangkalan militer Rusia. Hal ini diduga akan digunakan oleh Moskow dan milisi dukungannya dalam perang melawan pasukan Ukraina merebut wilayah Donetsk.

Pengadilan sendiri dilakukan secara in absentia. Hal ini dikarenakan empat tersangka yang tidak berada dalam arena persidangan. Diharapkan vonis paling cepat jatuh pada tahun 2022 mendatang dan jaksa berharap seluruh tersangka dihukum seumur hidup.

Pengadilan ini sendiri dilakukan saat hubungan antara Ukraina dan Rusia kembali memanas setelah Kiev meminta intervensi langsung pasukan NATO di sana. Ukraina menuduh bahwa Rusia baru-baru ini mengumpulkan pasukan di dekat perbatasan dan dalam posisi siap menyerang.

Amerika Serikat (AS) yang merupakan pimpinan sekutu NATO pun mengambil langkah untuk menempatkan rudal jelajah Tomahawk di Polandia dan Rumania. Rudal itu bisa sampai ke Moskow hanya dalam hitungan menit.

Presiden Rusia Vladimir Putin pun berang dengan aksi ini. Ia mengatakan siap dalam mengambil langkah-langkah militer sebagai 'pembalasan yang tepat' kepada aliansi pertahanan Negara Barat itu.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ternyata di Sini! Citra Satelit Tunjukkan Lokasi Jatuh MH370


(tps/tps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading