Sederet Fakta Patimban, Pelabuhan Terbesar di Indonesia!

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
20 December 2021 10:25
Aktivitas Terminal Kendaraan di Pelabuhan Internasional Patimban, Subang, Jawa Barat, Jumat (17/12/2021). (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat, resmi dikelola oleh swasta murni yakni PT Pelabuhan Patimban Internasional (PPI). Saat pembangunan selesai pada 2027 mendatang, pelabuhan tersebut bakal menjadi pelabuhan terbesar di RI.

Terminal kendaraan Patimban juga sudah diserahkan oleh PPI dan Toyota Tsusho. Penyerahan itu dilakukan melalui seremoni pada Jumat (17/2/2021) lalu, setelah sebelumnya dioperasikan sementara oleh Pelindo dan Kementerian Perhubungan.

Kegiatan ekspor perdana juga sudah dilakukan sebanyak 1.209 unit kendaraan ke Filipina, menggunakan kapal MV. Fujitrans berbendera Liberia. Direktur Utama PT PPI Fuad Rizal mengatakan ekspor mobil itu akan dikirimkan ke tujuan Port Klang, Singapura, Kuching, dan Filipina.

Menjadi Hub Baru
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, Pelabuhan Patimban diharapkan dapat meningkatkan indeks logistik nasional, serta berkolaborasi dengan pelabuhan Tanjung Priok untuk menjadi hub baru dan memiliki daya saing di Asia Tenggara. Dia juga berharap kegiatan ekspor dari Patimban ini semakin meluas.

"Kita harap kendaraan ini bukan saja di tempat yang dekat tapi sampai ke Timur Tengah, Amerika Latin, Amerika Utara, Afrika, dan ini membuat daya saing Indonesia jadi lebih baik," jelasnya.

Ditargetkan tuntas 2027
Pelabuhan Patimban yang dibangun sejak tahun 2018 lalu. Pembangunannya saat ini masuk pada tahap 1-2 (2021-2023) yang meliputi pembangunan terminal petikemas dengan kapasitas 3,75 juta TEUs, dan terminal kendaraan dengan kapasitas total sampai dengan 218.000 CBU serta Terminal RoRo 200 meter.

Proyek ini ditargetkan selesai pada 2027 mendatang. Kapasitas saat ultimatenya mencapai 7,5 juta TEUs dan 600 ribu kendaraan CBU.

Banyak Produsen Mobil Gunakan Patimban
Kegiatan bongkar muat di Patimban pada periode Januari-November sudah mencapai 12.335 kendaraan. Direktur Utama PT PPI Fuad Rizal mengatakan saat ini sudah banyak pabrikan mobil yang sudah menggunakan pelabuhan ini.

"Hyundai itu sudah pakai, Mitsubishi, Daihatsu, beserta entitas grup Toyota menggunakan fasilitas pelabuhan Patimban," jelasnya.

Nantinya pelabuhan ini tidak akan menjadi pesaing dari Pelabuhan Tanjung Priok.

"Ya ini jadi free market. Kita nggak bisa ngambil Priok semua. Jadi nanti tinggal lihat saja nanti pilihannya itu car maker mau dibawa ke Tanjung Priok apa ke sini," katanya.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Cakep! Pelabuhan Patimban akan Terhubung Akses Tol dan Kereta


(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading