Patimban Operasi, RI Punya 2 Pelabuhan Ekspor Mobil

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
17 December 2021 17:45
Aktivitas Car Terminal di Pelabuhan Internasional Patimban, Subang, Jawa Barat, Jumat (17/12/2021). Pelabuhan Patimban memiliki lokasi strategis di antara Bandara Kertajati dan kawasan industri di Bekasi, Karawang, dan Purwakarta. Pelabuhan Patimban akan menjadi kunci penghubung antar kawasan dan menopang percepatan ekspor. Percepatan pembangunan Pelabuhan Patimban diharapkan mendorong perdagangan dan pertumbuhan ekonomi di wilayah Jawa Barat. Pelabuhan ini diharapkan mendukung perekonomian regional dan nasional.. (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Terminal kendaraan untuk kegiatan ekspor impor di Pelabuhan Patimban, Subang sudah beroperasi di bawah langsung pengelola PT Pelabuhan Patimban Internasional (PPI). Sebagai operator, pihak PPI membeberkan cara memperluas pasar pelabuhan mereka.

Direktur Utama PT PPI Fuad Rizal menjawab mengenai persaingan dengan terminal mobil di Pelabuhan Tanjung Priok yang lebih dulu operasi. Ia yakin setiap pelabuhan dapat porsi masing - masing.

"Ya ini jadi free market kita nggak bisa ngambil Priok semua. Jadi nanti tinggal liat saja nanti pilihan nya itu car maker mau dibawa ke Tanjung Priok apa ke sini," katanya menjawab pertanyaan wartawan usai peresmian di Patimban, Subang, Jumat (17/12/2021).

Fuad menjelaskan operator terminal Patimban International Car Terminal (PITC) bakal menambah fitur tambahan yang akan menjadi daya tarik pelabuhan ini. Sehingga dia yakin pengguna fasilitas ekspor di pelabuhan ini bakal meningkat.

"Jadi kita sifatnya ini pemegang konsesi kita bekerja sama dengan PICT mengoperasikan car terminal ini," katanya.

"Karena Car Terminal ini dimiliki oleh konsorsium Jepang ada Toyota Tsusho, Toyofuji dan NYK sebagai shipping linenya. Nah Toyofuji ini satu grup dengan Toyota jadi pelan-pelan volume Toyota beralih ke sini," tambahnya.

Selain Toyota, Mantan Direktur Keuangan Garuda Indonesia ini juga menyebut merek lain seperti Hyundai, Mitsubishi, Daihatsu, beserta entitas grup Toyota sudah menggunakan fasilitas Pelabuhan Patimban.

Fuad menjelaskan realisasi kegiatan bongkar muat Januari - November 2021 Pelabuhan Patimban sudah mencapai 12.335 kendaraan dari fasilitas sebelumnya. Sementara ekspor perdana dari terminal kendaraan yang baru dioperasikan ini mengangkut berbagai jenis mobil Toyota mencapai 1.200 kendaraan CBUs dengan tujuan port Lang, Singapura, Kuching, hingga Filipina.

Adapun pada tahun depan dia belum mau membeberkan target peningkatan ekspor kendaraan dari pelabuhan ini. Karena masih tergantung dari produsen mobil itu sendiri. "Kalau car maker optimistis ya kita optimistis," jelasnya.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Pelabuhan Patimban Ada Terminal Mobil, Konsorsium RI & Jepang


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading