RI Kebobolan Omicron, Semoga Tak Ada Gelombang 3

News - Redaksi, CNBC Indonesia
17 December 2021 08:55
Infografis/RI Bobol Omicron! ini 6 negara Tetangga yang kena Juga/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia kebobolan varian covid-19 omicron meskipun sederet pengetatan di pintu masuk sudah dijalankan. Satu kasus itu ditemukan pada seorang pekerja di Wisma Atlet Kemayoran Jakarta.

"Sebagaimana sudah disampaikan Menteri Kesehatan, varian omicron sudah terdeteksi di wilayah Indonesia. Ini memang tak terelakkan karena salah satu karakter varian ini adalah penularannya sangat cepat," kata Jokowi.


Awalnya tes dilakukan terhadap tiga orang pekerja yang diduga positif covid-19. Ketiganya tanpa gejala. Setelah dilakukan genome sequencing maka dipastikan 1 orang terkonfirmasi omicron berinisial N.

"Sekarang yang harus kita lakukan adalah bersama-sama berupaya sekuat tenaga agar varian omicron tidak meluas di tanah air, jangan sampai terjadi penularan lokal. Kita harus berupaya menjaga situasi di Indonesia tetap baik. Kita pertahankan jumlah kasus aktif agar tetap rendah, tingkat penularan kita awasi agar bertahan di bawah satu, jangan sampai itu melonjak lagi," paparnya.

Jokowi meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan dengan menjalankan protokol kesehatan yang ketat dalam aktivitas. Termasuk untuk mengikuti vaksinasi bagi yang belum.

"Waspada penting, tapi jangan perkembangan ini membuat kita panik. Sejauh ini varian omicron belum menunjukkan karakter yang membahayakan nyawa pasien, terutama pasien yang sudah mendapatkan vaksin,"

"Terakhir saya minta semua warga maupun pejabat negara untuk menahan diri tidak bepergian ke luar negeri. Paling tidak sampai situasi mereda," pungkasnya.

Satgas Tetapkan Situasi Tanggap Darurat
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading