Internasional

Ada yang Positif Usai dari RI, Menlu AS Setop Kunjungan ASEAN

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
16 December 2021 14:35
Antony Blinken. (AP/Jose Luis Magana)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Anthony Blinken dan rombongannya memutuskan untuk menghentikan rangkaian perjalanannya di Asia Tenggara. Hal ini dikarenakan satu orang delegasi yang positif Covid-19 usai kunjungan ke Indonesia.

Dalam keterangan resmi Kemenlu AS, rombongan Blinken akan langsung pulang ke Washington DC dari Kuala Lumpur, Malaysia, dan tidak melanjutkan perjalanan ke Thailand. Hal ini juga sudah dikomunikasikan kepada Menlu Thailand, Don Pramudwinai.


"Blinken dijadwalkan mengadakan pertemuan di Thailand pada hari Kamis. Namun kami memberi tahu Thailand bahwa ia akan kembali ke Washington untuk mengurangi risiko infeksi karena sangat berhati-hati", ujar keterangan resmi itu, dikutip Kamis (16/12/2021).

Positifnya satu orang rombongan Blinken itu awalnya terdeteksi di Malaysia pada Selasa, (14/12/2021) malam setelah terbang dari Indonesia. Ia merupakan bagian media dari rombongan Blinken.

"Wisma Putra diinformasikan oleh Kedutaan Besar AS pagi ini, dan kedutaan telah mengaturnya dengan Kementerian Kesehatan," kata juru bicara Kemenlu Malaysia dikutip Straits Times.

Sementara itu, Kedutaan AS di Kuala Lumpur mengatakan bahwa pasien itu saat ini sedang menjalankan prosedur Covid-19 yang diterapkan oleh Pemerintah Malaysia. Kedutaan juga menegaskan kembali bahwa yang positif dalam rombongan tersebut hanya satu orang.

"Satu-satunya anggota rombongan perjalanan yang dinyatakan positif itu mematuhi semua persyaratan Kementerian Kesehatan," tulis keterangan resmi itu.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Awas Panas! Menlu AS Kecam Uji Rudal Korut Kim Jong-Un


(tps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading