Gaspol! Ekspor RI Sudah Balik ke Masa Sebelum Covid Datang

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
15 December 2021 14:40
Pekerja melakukan pendataan bongkar muat kontainer peti kemas di Terminal 3 Tanjung Priok, Jakarta, Senin (22/11/2021). Pemulihan ekonomi global dari pandemi Covid - 19 dinilai lebih cepat dari yang diekspektasi banyak pihak. Sehingga produksi dan perdagangan melonjak signifikan yang membuat ketidakseimbangan pasar, yang berimbas pada kekurangan bahan baku dan kelangkaan kontainer.. (CNBC Indonesia/ Muhammad Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat nilai ekspor sepanjang November 2021 sebesar US$ 22,84 miliar. Ini adalah capaian ekspor tertinggi Indonesia sepanjang masa.

Dengan kondisi ini, maka ekspor Indonesia sudah kembali ke masa sebelum terjadinya pandemi Covid-19. Ini tercermin dari ekspor yang tumbuh tinggi dibandingkan dengan dua tahun sebelumnya.


"Ekspor tren terus meningkat dan lebih tinggi dibanding 2020 dan 2019," ujar Kepala BPS Margo Yuwono, Rabu (15/12/2021).

Jika dilihat secara rinci, ekspor pada November ini naik 49,7% dari November 2020 yang tercatat sebesar US$15,26 miliar. Begitu juga dibandingkan dengan November 2019 meningkat tajam dari yang hanya US$ 13,94 miliar.

"Perkembangan ekspor kita baik secara total selalu di atas tahun 2020 dan 2019," kata dia.

BPS: Neraca Dagang November Surplus USD 3,51 Miliar (CNBC Indonesia TV)Foto: BPS: Neraca Dagang November Surplus USD 3,51 Miliar (CNBC Indonesia TV)
BPS: Neraca Dagang November Surplus USD 3,51 Miliar (CNBC Indonesia TV)

Dia pun berharap ke depannya ekspor bisa terus meningkat. Sehingga perekonomian bisa kembali pulih ke masa sebelum pandemi dan bahkan jika bisa lebih baik lagi.

"Harapannya kinerja ekspor kita dilihat bulan ke bulan alami peningkatan akan pengaruh ke pertumbuhan ekonomi dan pengaruh ke upaya Indonesia untuk pemulihan ekonomi nasional," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ekspor RI Terus Melesat, Kembali ke Situasi Sebelum Pandemi!


(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading