Megawati Soekarnoputri Terima Lifetime Achievement Award

News - Teti Purwanti, CNBC Indonesia
14 December 2021 21:35
Megawati Soekarnoputri mendapatkan penghargaan sebagai Lifetime Achievment dalam acara penghargaan CNBC Indonesia Award 2021. (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Media ekonomi terbesar dan terintegrasi CNBC Indonesia menggelar malam puncak CNBC Indonesia Awards 2021, sebagai bentuk apresiasi bagi korporasi atau badan usaha dan individu inspiratif dalam memimpin perusahaannya, serta kontribusi besarnya untuk perekonomian Indonesia.

Untuk kategori Lifetime Achievement Award diberikan kepada sosok anak bangsa yang memiliki kontribusi penting dalam pengembangan arsitektur perekonomian nasional, dengan menunjukkan kiprah yang agung dan layak untuk dicatat sebagai tonggak sejarah (milestone) dalam peradaban ekonomi dan bisnis di Tanah Air.

Penghargaan Lifetime Achievement Award CNBC Indonesia Awards 2021 diberikan kepada Megawati Soekarnoputri. Penghargaan ini diberikan secara virtual, dan diwakili oleh Ketua DPR Puan Maharani sekaligus putri dari Megawati Soekarnoputri.


"Saya ingin menyampaikan terima kasih atas penghargaan Lifetime Achivement Award yang diberikan. Saya harap ini bisa menjadi inspirasi dan motivasi untuk mencintai Indonesia, bekerja untuk Indonesia dan bergotong royong untuk Indonesia," kata Puan dalam sambutannya, Selasa (14/12/2021).

Megawati adalah seorang pemimpin perempuan yang ditempa zaman melalui berbagai rintangan, kepedihan, dan badai fitnah. Namun ia tetap konsisten memperjuangkan keutuhan negara yang dibangun oleh ayahandanya, sang proklamator Soekarno.

Membunuh ambisi pribadi guna membalas perlakuan buruk lawan politiknya, terutama rezim Orde Baru, bukanlah harga mahal baginya jika demi menjaga keutuhan bangsa dan negara. Dia membayarnya lunas, meski tidak diminta, dengan memaafkan lawan-lawan politiknya.

Legawa memasuki Istana Negara pada 1999 sebagai Wakil Presiden, meski Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) merupakan partai pemenang pemilu, dia memberikan teladan akan sikap negarawan yang memilih duduk bersama demi merawat Ibu Pertiwi yang sedang sakit.

Di sektor keuangan, Presiden ke-5 tersebut fokus pada penyehatan institusi perbankan nasional yang pada tahun 1997 menjadi tempat bersarangnya kanker pemicu krisis. Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) dibentuk untuk menyehatkan sektor keuangan.

Kini, kita mendapati ruh BPPN di Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yang dibentuk melalui UU Nomor 24 tahun 2004. LPS menjadi komponen penting Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) bersama Menteri Keuangan, Bank Indonesia (BI), dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Di bidang investasi, Megawati melakukan beberapa terobosan seperti meninjau Daftar Negatif Investasi (DNI), penyederhanaan perizinan lewat layanan satu atap, hingga membentuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Lahirnya KPK menjadi terobosan yang semakin meningkatkan daya saing Indonesia. Maklum, praktik korupsi memicu ekonomi biaya tinggi dan sempat menjadi problem utama yang membuat investor asing enggan menanamkan investasi langsung ke sektor riil di Indonesia.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ini 3 Strategi Bank Jateng Terus Tumbuh di Tengah Pandemi


(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading