Ada WSBK Hingga Formula E, Bos-Bos Hotel Happy!

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
08 December 2021 14:35
Toprak Razgatlioglu memastikan diri menjadi juara dunia WSBK 2021. Di MotoGP Mandalika ia finis sebagai runner up. (AP/Achmad Ibrahim)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kegiatan World Superbike (WSBK) berdampak positif terhadap kegiatan ekonomi masyarakat di Mandalika, Lombok, NTB, antara lain angka okupansi kamar hotel naik menjadi 85%. Padahal biasanya okupansi kamar hotel di Lombok maksimal hanya 15% di tengah pandemi.

Dalam waktu dekat, Indonesia juga kemungkinan bakal menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan Formula E di Jakarta, apakah hal serupa yang terjadi Lombok akan terjadi di perhotelan Jakarta?

"Kegiatan MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) itu sangat membantu. Kalau mau recovery yang dikejar MICE paling cepat, seperti Mandalika tiba-tiba ada race, nanti kalau ada Formula E di Jakarta akan sangat membantu sekali," kata Sekretaris Jenderal Perhimpunan Hotel & Restoran Indonesia Maulana Yusran kepada CNBC Indonesia, Rabu (8/11/21).


Berkaca dari pengalaman di event Mandalika kemarin, Maulana mengungkapkan perlu ada koreksi kebijakan untuk memperbesar dampak event tersebut, salah satunya larangan bepergian ke wilayah Indonesia lain sebelum dan sesudah penyelenggaraan acara. Padahal jika diizinkan maka bakal berdampak lebih besar.

"Kan orang boleh ke Bali tapi nggak boleh domestiknya, itu harusnya dicabut kaya kemarin ada race Mandalika kan bisa jalan-jalan dulu ke Bali, nggak hanya Mandalika lalu keluar balik. Mereka kan sudah melalui proses masuk karantina, testing, tinggal prokes aja seperti masyarakat lainnya. Kenapa nggak dilonggarkan ke domestik? Sehingga kegiatannya filter masuk nanti di dalam boleh sepanjang terapkan prokes," sebut Maulana.

Relaksasi kebijakan seperti itu menjadi harapan pelaku usaha di pelaksanaan event berikutnya. Namun, untuk Formula E hingga kini masih belum menemui kejelasan. Pasalnya, pemerintah belum menentukan lokasi pasti pelaksanaannya. Setidaknya ada tiga lokasi yang menjadi opsi, yakni PIK 2, Ancol, dan Kemayoran.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Intip Progres Drainase Pengamanan Banjir Sirkuit Mandalika


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading