Internasional

Media AS Ini Rilis Negara Paling Tahan Covid, RI Ada di Bawah

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
07 December 2021 11:42
Test Swab PCR (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Media asal Amerika Serikat (AS), Bloomberg, kembali merilis daftar terbarunya mengenai 53 negara yang paling tahan dalam pandemi Covid-19. Dalam survei terbarunya, Bloomberg kali ini menempatkan Uni Emirat Erab (UEA) sebagai negara dengan ketahanan pandemi paling tinggi.

UEA mendapatkan poin 73,2 dengan poin-poin yang sangat baik dalam indikator vaksinasi. Selain itu, UEA memiliki poin-poin yang rendah dalam kekuatan penguncian dan juga pemotongan penerbangan masuk.

"Setelah mendominasi peringkat teratas Peringkat Ketahanan Covid Bloomberg selama berbulan-bulan, Eropa sebagian besar telah dicopot dengan Uni Emirat Arab, salah satu pemain paling konsisten sejak dimulainya Peringkat setahun yang lalu, menjadi No. 1 baru kami," kata Bloomberg dikutip Selasa, (7/12/2021).


Menyusul UEA di posisi kedua dan ketiga yakni Chile dan Finlandia. Kedua negara itu mencatatkan poin sebesar 72,6 dan 71,3. Selain kedua negara itu, Bloomberg juga menempatkan Irak, India, Bangladesh, Argentina, Turki, dan Taiwan sebagai negara yang mampu mendaki puncak ranking secara signifikan.

Sayangnya, Indonesia masih berada dalam daftar terbawah riset itu. Indonesia berada di peringkat 52 dengan peringkat 46,1. Ini hanya di atas Filipina yang mencatatkan 43,1 poin. 

RI masih dianggap rendah dalam vaksinasi serta memiliki banyak jadwal penerbangan yang untuk sementara waktu dicabut selama pandemi. Di sisi lain, tetangga lainnya seperti Singapura, Thailand, Malaysia, dan Vietnam berada di atas Indonesia.

Penelitian Resilience Ranking Bloomberg sendiri menggunakan indikator termasuk cakupan vaksinasi, penahanan virus, tingkat keparahan penguncian, kualitas perawatan kesehatan, kemajuan menuju kenormalan perjalanan, dan kematian keseluruhan selama pandemi.


[Gambas:Video CNBC]

(tps/tps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading