Simak! Ini Kelebihan-Kekurangan Mobil Bensin Vs Diesel

News - Advertorial, CNBC Indonesia
07 December 2021 00:00
BCA

Jakarta, CNBC Indonesia - Untuk menunjang performa mobil, pengguna harus memilih mobil dengan tipe bahan bakar yang sesuai. Saat ini, mobil dengan mesin gasoline atau bensin dan diesel masih menjadi 2 tipe mobil yang paling banyak diminati dan digunakan oleh masyarakat.

Tetapi ada juga pengguna yang hanya percaya kepada salah satu tipe mobil saja. Hal ini terjadi lantaran mobil dengan bahan bakar tertentu yang dipilih sejak awal telah dipercaya pengguna karena kemungkinan performanya yang lebih andal ketimbang mobil dengan jenis bahan bakar lainnya.

Inilah yang harus pengendara ketahui mengenai kelebihan dan kekurangan masing-masing mobil. Melansir dari berbagai sumber, berikut kekurangan dan juga kelebihan dari kendaraan dengan mesin diesel dan gasoline.


1. Emisi dan Lingkungan

Dari segi asap yang dikeluarkan dari hasil pembakaran bahan bakar, mobil bermesin bensin terlihat lebih bersih, namun sebenarnya mengandung lebih banyak polutan. Sedangkan mobil bermesin diesel warna asapnya terlihat lebih gelap, namun lebih ramah lingkungan.

Untungnya, masing - masing pengembang sudah melakukan berbagai upaya untuk mengurangi bahaya dari gas buangan mobil mereka, diantaranya dengan menerapkan standar emisi Euro 4 hingga penggunaan komponen - komponen yang mampu mengurangi bahaya gas buangan seperti catalytic converter.

2. Performa

Mobil bermesin diesel lebih mengarah ke karakter mesin yang tangguh, karena dirancang untuk menghasilkan torsi tinggi pada putaran mesin (rpm) rendah, sehingga cocok digunakan untuk mengangkut beban berat atau digunakan untuk menaklukan trek off-road.

Selain itu, mobil bermesin ini juga lebih tangguh saat menerjang banjir, karena tidak memiliki komponen pengapian listrik seperti busi, sehingga apabila bagian mesin terkena air, risiko adanya arus pendek hampir nihil.

Meski tangguh, mobil diesel cenderung memiliki mesin yang lebih berisik dan lebih terasa getaran mesinnya dibandingkan mobil bensin yang biasanya lebih halus. Namun tidak perlu khawatir, para produsen mobil sudah menemukan solusinya dengan memberikan turbo diesel pada beberapa mobil untuk mengurangi bising pada mesin.

Sementara itu, mobil bermesin bensin dirancang untuk akselerasi dan responsif, sehingga mobil bermesin bensin terasa lebih cepat dan ringan dalam memacu kecepatan mobil nya. Mobil ini lebih cocok digunakan di daerah perkotaan atau untuk dipakai sehari - hari.

3. Biaya Operasional & Perawatan

Mobil bermesin biasanya diesel lebih irit dibandingkan bensin, karena mesin diesel lebih efisien dalam mengolah bahan bakar menjadi tenaga. Sementara itu, mobil bermesin bensin memiliki lebih banyak varian bahan bakar, mulai dari bensin beroktan 90, 92, 95 hingga oktan 98 dengan harga masing - masing yang berbeda-beda. Ini menjadi keuntungan bagi pemilik mobil bensin karena mereka dapat menyesuaikan sesuai budget mereka.

Dari segi perawatan, mesin diesel lebih membutuhkan perhatian ekstra, karena teknologinya yang sudah lebih kompleks sehingga tidak bisa sembarangan dalam perawatan komponen - komponen nya. Untuk mobil bermesin bensin, dikarenakan perawatannya lebih mudah dan tidak terlalu rumit, maka biaya perawatannya pun cenderung lebih murah.

Di sini, dapat disimpulkan bahwa mobil bermesin diesel memiliki lebih banyak tenaga dan lebih irit bahan bakar sedang mobil bermesin bensin lebih mengutamakan akselerasi dan kecepatan, biaya perawatan bulanan nya pun juga lebih murah.

Itu tadi beberapa pertimbangan yang bisa digunakan sebelum memutuskan untuk membeli mobil bermesin diesel atau bensin. Apapun pilihannya nanti, dalam memilih mobil, pastikan kamu mendapatkan penawaran terbaik.

Di bulan November ini, ada tawaran menarik dari BCA Finance buat yang ingin membeli mobil baru, bagi Anda yang menginginkan bunga ringan, BCA Finance memberikan Bunga Ringan hanya 2,99% untuk tenor 3 tahun dan bagi Anda yang membutuhkan Uang Muka / DP rendah terdapat Paket Special DP10%.

Dengan Paket Special DP 10% ini, konsumen dapat membawa pulang kendaraan idaman hanya dengan membayar DP atau uang muka sebesar kurang lebih 10% dari harga kendaraan, sehingga tak perlu merogoh kocek besar di awal untuk bisa mendapatkan mobil idaman saat ini.

Sebagai informasi, Bunga Ringan dan Paket DP 10% ini berlaku untuk mobil baru berjenis mobil penumpang.

Jadi tunggu apa lagi? Segera tentukan mobil impian Anda dan langsung beli mobil barunya dengan menggunakan BCA Finance. Manfaatkan segala keuntungan yang ditawarkan oleh promo spesial BCA Finance untuk raih mobil yang Anda impikan selama ini.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Global Wakaf-ACT: Ayo Borong & Modalin Pedagang Kecil


(adv/adv)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading