Kelas Standar BPJS Kesehatan Tarifnya Rp 75.000, Setuju Gak?

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
06 December 2021 11:35
BPJS Kesehatan

Jakarta, CNBC Indonesia - Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) memastikan pihaknya akan segera menyelesaikan kriteria kebijakan rawat inap kelas standar BPJS Kesehatan, termasuk mengenai mekanisme pembiayaannya.

Sehingga pada awal tahun 2022, pemerintah dan otoritas terkait sudah bisa melakukan harmonisasi dan uji coba penerapan kelas standar secara bertahap.


Kemudian diharapkan pada 2023-2024 bisa diimplementasikan secara bertahap dan peninjauan peraturan dengan melihat beberapa pembelajaran dari uji coba yang dilaksanakan pada 2022.

"Jika tidak ada perubahan, maka pada 2025 bisa langsung mengimplementasikan kelas standar tunggal," jelas Ketua DJSN Tubagus Achmad Choesni saat melakukan rapat dengan Komisi XI DPR September 2021, dikutip Senin (6/12/2021).

Dalam pelaksanaan kelas standar nantinya, pemerintah ingin mengajak kerjasama asuransi swasta untuk melakukan sharing benefit atau berbagi keuntungan. Pasalnya kata Tubagus saat ini ada beberapa layanan yang belum bisa dilayani BPJS Kesehatan.

Oleh karena itu, kata Tubagus asuransi swasta berperan, agar masyarakat bisa memenuhi pelayanan kesehatan yang dibutuhkan.

"Ada koordinasi penyelenggaraan jaminan, kalau misalnya teman-teman peserta ingin menambah manfaat dengan asuransi kesehatan tambahan," jelas Tubagus.

Tarif BPJS Kelas Standar Rp 75.000, Setuju?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading