Kia Tiba-Tiba Recall Hampir 3.000 Mobil Carnival, Ada Apa?

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
03 December 2021 19:40
Signs of a KIA Motor car dealership are pictured in Monterrey, Mexico, August 23, 2016. REUTERS/Daniel Becerril

Jakarta, CNBC Indonesia - Kia di Amerika Serikat memutuskan untuk melakukan pemanggilan kembali atau recall terhadap hampir 3.000 unit salah satu produknya, yakni Carnival. Ini bukan kali pertama, karena beberapa bulan lalu KIA sudah melakukan recall sebanyak 2.744 unit Kia Carnival di AS karena ditemukan kerusakan pada bagian fuel rail tube.

Untuk program kali ini, tidak semua kendaraan masuk ke dalam program recall, melainkan yang masuk ke dalam produksi di periode 28 Juli hingga 14 Oktober 2021.

Dilansir dari Carscoops, Kia mengungkapkan bahwa terdapat kerusakan pada sliding door atau pintu geser penumpang di mobil 2.956 unit MPV tersebut. Akibatnya pintu yang tadinya sudah terkunci namun bisa terbuka secara mendadak.


Kia mengakui bahwa pabrikan yang menyuplai komponen itu kemungkinan kurang memiliki kualitas yang baik, yakni bagian plastik tertentu di dalam aktuator pelepas pintu geser secara elektronik diproduksi di luar spesifikasi oleh pemasok komponen.

Akibatnya ketika pintu tidak tertutup dengan benar, maka pengemudi bakal mendapat empat peringatan bunyi, utamanya ketika kendaraan yang bunyi ketika mobil berhenti.

Apabila sopir mengabaikan peringatan dan berkendara di atas 9,5 km per jam, peringatan terus bunyi tetap menyala. Suaranya berpotensi makin keras sebagai peringatan pintunya belum tertutup secara sempurna.

Kondisi ini memang membuat tidak nyaman, namun KIA nampaknya enggan lepas tangan. Pemilik Kia Carnival akan mendapatkan informasi melalui surat elektronik mulai 16 Desember 2021.

Mereka akan mendapat instruksi untuk segera membawa mobil ke bengkel resmi, agar perangkat bisa diganti dengan yang baru dan telah memenuhi spesifikasi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bisa Kebakar, Ribuan Mobil Hyundai-Kia Dilaporkan Cacat


(fys/fys)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading