Internasional

Tambah Lagi Kabar Baik! Ini Obat Terbaru untuk Corona Omicron

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
02 December 2021 20:45
INFOGRAFIS, Daftar Obat Untuk Pasien Covid-19

Jakarta, CNBC Indonesia - Regulator kesehatan Inggris pada Kamis, (2/12/2021) memberikan memberikan lampu hijau untuk penggunaan obat Covid-19 terbaru. Obat itu merupakan pengembangan yang dilakukan perusahaan farmasi GlaxoSmithKline.

Dalam laporan Al Jazeera, pejabat berwenang menyebut bahwa obat yang diberi nama Sotrovimab terbukti ampuh dalam melawan pasien Covid-19 yang memiliki gejala cukup parah.

"Lampu hijau untuk Sotrovimab yang mengobati mereka yang berisiko tinggi mengembangkan gejala Covid-19 yang parah," ujar pernyataan itu.


Sementara itu, di lain sisi, GlaxoSmithKline mengklaim bahwa obatnya ini juga dapat digunakan untuk membentuk daya tahan tubuh dalam melawan Varian Omicron.

Pemberian izin ini menambah panjang laporan obat-obatan Covid-19 yang juga dianggap mampu melawan Varian Omicron. Sebelumnya, CEO Pfizer Albert Bourla mengatakan obat pengobatan Covid-19, Paxlovid, yang saat ini sedang dikembangkan perusahaannya mampu melawan infeksi varian itu.

Klaim ini bukan tanpa alasan. Bourla menyebut pengembangan Paxlovid digunakan melalui skema-skema kemungkinan bahwa Covid-19 mampu membawa mutasi yang lebih banyak.

"Jadi itu memberi saya tingkat kepercayaan yang sangat tinggi bahwa pengobatan tidak akan terpengaruh, pengobatan oral kita tidak akan terpengaruh oleh virus ini," katanya, dikutip Kamis (2/12/2021).

Sebelumnya dunia dikagetkan dengan kemunculan Varian Omicron. Varian yang menyebar luas di Botswana dan Afrika Selatan itu diketahui membawa 32 mutasi pada protein lonjakannya. Ini dikhawatirkan mampu melawan kekebalan tubuh yang sebelumnya diciptakan oleh vaksin.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Awas! Kasus Covid-19 RI Terus Bertambah, Jakarta Terbanyak?


(tps/tps)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading