Ternyata Ini yang Mau Dibanggakan Jokowi Saat Presidensi G20

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
02 December 2021 14:45
Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta Ibu Negara Iriana Jokowi pada hari ini bertolak menuju Provinsi Bali untuk melakukan kunjungan kerja. (Dok: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Di sela kunjungan kerjanya ke Bali, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat melakukan peninjauan Mangrove Conservation, Kamis (2/12/2021).

Berbicara di sela peninjauan, Jokowi menyebut akan mengajak para pemimpin G20 untuk melihat langsung hutan mangrove di wilayah tersebut.

"Di sini adalah tempat yang ingin kita tunjukkan yaitu hutan mangrove," kata Jokowi seperti dikutip dalam tayangan Youtube Sekretariat Presiden.


Jokowi mengatakan pemerintah akan menunjukkan kepada para pemimpin G20 yang hadir di Bali tahun depan komitmen dalam rangka mendukung mengatasi masalah perubahan iklim.

"Ini akan menunjukkan nantinya keseriusan kita merestorasi hutan mangrove, merehabilitasi hutan mangrove, merestorasi hutan gambut dan merestorasi lahan kritis yang ada di negara kita," jelasnya.

Sebagai informasi, Indonesia resmi memegang keketuaan atau presidensi Group of Twenty (G20) per 1 Desember 2021. Jokowi mengatakan bahwa presidensi G20 merupakan sebuah kepercayaan dan kehormatan bagi Indonesia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta Ibu Negara Iriana Jokowi pada hari ini bertolak menuju Provinsi Bali untuk melakukan kunjungan kerja. (Dok: Biro Pers Sekretariat Presiden)Foto: Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta Ibu Negara Iriana Jokowi pada hari ini bertolak menuju Provinsi Bali untuk melakukan kunjungan kerja. (Dok: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Hal tersebut dikemukakan oleh Jokowi saat berpidato pada pembukaan presidensi G20 Indonesia sebagaimana ditayangkan pada YouTube Sekretariat Presiden.

"Kepercayaan ini adalah kesempatan bagi Indonesia untuk berkontribusi lebih besar bagi pemulihan ekonomi dunia, untuk membangun tata kelola dunia yang lebih sehat, lebih adil, dan berkelanjutan berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial," kata Jokowi

Sejalan dengan hal tersebut maka presidensi G20 Indonesia akan mengusung tema "Recover Together, Recover Stronger". Jokowi menjelaskan bahwa dalam presidensi G20 tersebut, Indonesia akan fokus untuk mengerjakan tiga hal.

"Pertama, penanganan kesehatan yang inklusif. Kedua, transformasi berbasis digital. Ketiga, transisi menuju energi berkelanjutan," jelasnya.

Lebih lanjut, Kepala Negara juga ingin agar presidensi Indonesia pada G20 tidak sebatas seremonial belaka. Indonesia mendorong negara-negara G20 untuk melakukan aksi-aksi nyata dan terobosan-terobosan besar.

"Indonesia akan terus mendorong negara-negara G20 membangun kolaborasi dan menggalang kekuatan untuk memastikan masyarakat dunia dapat merasakan dampak positif dari kerja sama ini," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jokowi Hari Ini Keliling Riau & Kepri, Ada Apa?


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading