Dimulai Sejak Lama, Ini PNS yang Sudah Diganti Robot!

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
01 December 2021 17:30
INFOGRAFIS, Thr Tak Full Gaji 13 Belum Jelas

Jakarta, CNBC Indonesia - Rencana pemerintah untuk mengganti PNS menjadi robot ternyata sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu. Ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada tahun 2019 lalu untuk melakukan reformasi digital birokrasi.

Apalagi dengan kemajuan teknologi yang makin pesat di tengah pandemi Covid-19, maka proses reformasi birokrasi akan dipercepat pelaksanaannya. Beberapa kebijakan untuk reformasi ini pun telah dilaksanakan.


"Saat ini pemerintah sedang melaksanakan transformasi digital dalam pelayanan yang diberikan oleh manajemen ASN. Sebenarnya upaya ini sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu," kata Kepala Biro Hukum, Humas dan Kerjasama BKN, Satya Pratama kepada CNBC Indonesia, Rabu (1/12/2021).

Statistik PNS (dok BKN)Foto: Statistik PNS (dok BKN)
Statistik PNS (dok BKN)

Satya menyebutkan, salah satu langkah yang dilakukan pemerintah dalam reformasi birokrasi adalah memangkas jabatan eselon PNS. Saat ini eselon III dan IV diganti menjadi pejabat fungsional.

"Saat ini dengan pelaksanaan reformasi birokrasi, jabatan Eselon 4 dan 3 sudah dihapuskan, diganti dengan pejabat fungsional," kata dia.

Diharapkan dengan perubahan ini, maka PNS bisa melakukan tugasnya dengan lebih efektif dan efisien terutama dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat.

"Pekerjaan yang sifatnya administratif, rutinitas dan repetitif serta memiliki prosedur operasi standar yang jelas menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku dapat digantikan dengan teknologi," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading