Benarkah PNS akan 'Tamat' Diganti Robot? Ini Jawaban Tjahjo

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
01 December 2021 16:30
INFOGRAFIS, Sederet Profesi yang Bisa Diganti Robot

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo angkat bicara mengenai rencana Presiden Jokowi mengganti PNS dengan robot.

Berbicara dalam Seminar Reformasi Birokrasi dan Penandatanganan Butir Komitmen Kepala Daerah, Tjahjo menegaskan rencana tersebut tak serta merta akan memangkas jumlah PNS.

"Keinginan pak Jokowi [PNS] diganti dengan robot bukan berarti PNS-nya terus dipangkas terus kita buat robot," kata Tjahjo, Rabu (1/12/2021).


Jokowi, kata Tjahjo, rencana menggunakan robot dalam sistem administrasi pemerintahan tak lain untuk mempercepat inovasi dalam pelayanan kepada masyarakat.

"Alhamdulillah dengan pandemi Covid ini ada kerja di kantor, kerja di rumah, itu semakin jelas. Oh ternyata kantor PANRB dengan separuh lebih kerja di rumah bisa diselesaikan kok dengan yang kerja di kantor," katanya.

Tjahjo mengemukakan, pemerintah juga saat ini tengah menyiapkan Super Apps sebagai bagian dari digitalisasi dari pemerintahan dalam rangka percepatan birokrasi.

Tjahjo mengatakan kehadiran Super Apps ini tak hanya mendukung dalam transformasi sistem kerja melainkan juga untuk pencapaian tujuan pembangunan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Instruksi Khusus Tjahjo untuk Para PNS, Catat ya!


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading